Rabu 28 Jul 2021 20:09 WIB

Anak Dianjurkan Olahraga 60 Menit Setiap Hari

Perilaku sadar olahraga pada anak dimulai dari orang tua.

Red: Indira Rezkisari
Sejumlah anak mengikuti latihan sepatu roda di Dmall, Depok, Jawa Barat. WHO menganjurkan anak berolahraga sebanyak 60 menit setiap hari.
Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Sejumlah anak mengikuti latihan sepatu roda di Dmall, Depok, Jawa Barat. WHO menganjurkan anak berolahraga sebanyak 60 menit setiap hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak-anak dianjurkan untuk berolahraga 60 menit sehari untuk menjaga pertumbuhan otot dan tulang. Berolahraga bagi anak juga untuk menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Ketua Indonesia Asosiasi Ahli Gizi Olahraga (Indonesia Sport Nutritionist Association/ISNA), Dr Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, mengatakan olahraga 60 menit per hari merupakan anjuran yang ditetapkan oleh organisasi kesehatan dunia WHO untuk anak usia 6-12 tahun. Olahraga ini tidak boleh sembarangan, namun harus seimbang antara aktivitas untuk fisik seperti aerobik, tulang, dan otot.

Baca Juga

"60 menit itu dibagi untuk aerobik, untuk tulang, dan untuk otot. Aerobik itu seperti senam, jogging, lari, bersepeda, tapi karena pandemi bisa jalan di tempat atau lari di tempat," kata dr Rita dalam bincang-bincang "Edukasi Olahraga dan Nutrisi Online" pada Rabu (28/7).

"Untuk tulang dan otot bisa dengan melempar bola, menendang, melompat. Itu bisa dikombinasi," lanjut peraih gelar Doktor dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Untuk menciptakan perilaku sadar olahraga pada anak, harus dimulai dari orang tua terlebih dulu dengan memberikan contoh nyata. Misalnya, orang tua menyediakan waktu khusus untuk bersama-sama berolahraga dan bukan hanya sekadar memberikan perintah.

"Orang tua juga harus memberi tahu alasan kenapa anak harus bergerak, jangan cuma menyuruh tapi orang tuanya cuma duduk saja. Dia harus tahu alasan yang kuat untuk membuat perilaku olahraga," ujar dr Rita.

Hal kedua yang harus dilakukan orang tua untuk membangun perilaku sadar olahraga adalah dengan menyediakan ruangan atau tempat khusus dan waktu untuk anak. Jika memungkinkan, belilah peralatan untuk berolahraga seperti bola dan lainnya.

"Kalau sudah rutin dilakukan tidak perlu disuruh lagi. Ketiga, cari tahu anak senangnya apa, senangnya gerakan yang mana dan kita beri contoh setelah itu kuatkan dengan pujian dan konsistennya. Kata kuncinya orang tua harus ikut," ujar dr Rita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement