Kamis 12 Aug 2021 10:19 WIB

Tujuan Terjauh, Pizza Dikirimkan ke Luar Angkasa

Kapal kargo mengirimkan pasokan barang termasuk pizza dan buah-buahan ke ISS.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Pizza (ilustrasi)
Foto: independent.co.uk
Pizza (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CAPE CANAVERAL -- Kapal kargo Cygnus meroket dari pantai timur Virginia pada Selasa (10/8). Kapal kargo itu membawa berbagai macam muatan ke luar angkasa. Pengiriman seharusnya mencapai Stasiun Luar Angkasa Internasional pada Kamis (12/8). Pengiriman terbaru dari stasiun ruang angkasa Northrop Grumman termasuk pizza untuk tujuh orang astronot.

Pengiriman tersebut membawa muatan 3.700 kilogram, bukan hanya pizza saja. Dalam pengiriman tersebut termasuk apel segar, tomat, dan kiwi, dan bahan lainnya.

Baca Juga

Dalam pengiriman tersebut, ikut terbang pula braket pemasangan untuk sayap surya baru yang diluncurkan ke lab yang mengorbit tahun depan. Kemudian, bahan yang mensimulasikan debu dan kotoran bulan yang akan digunakan untuk membuat item dari printer 3D stasiun luar angkasa, cetakan lendir untuk eksperimen pendidikan Prancis yang disebut Blob, hingga perangkat pendeteksi inframerah yang dimaksudkan sebagai prototipe untuk satelit pelacakan masa depan.

Peluncuran tersebut adalah pasokan ke-16 Northrop Grumman untuk NASA dan beban terbesarnya. Roket Antares mengangkat kapsul dari Fasilitas Penerbangan Wallops NASA.

"Aloha to the S.S. Ellison Onizuka," kata Northrop Grumman melalui Launch Control beberapa menit sebelum lepas landas.

 
 
Kapsul itu dinamai Onizuka Hawaii, orang Asia-Amerika pertama di luar angkasa yang meninggal dunia dalam bencana peluncuran Challenger pada 1986.

Pengirim NASA lainnya, SpaceX, akan mengikuti pengiriman kargo dalam beberapa minggu. Stasiun luar angkasa saat ini menampung tiga orang Amerika, dua orang Rusia, satu orang Prancis, dan satu orang Jepang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement