Ahad 12 Dec 2021 23:18 WIB

NTB Kenalkan Wisata Sejarah Heritage Walk

Promosi wisata bersejarah perlu untuk memberikan pilihan destinasi kepada wisatawan.

Red: Fuji Pratiwi
Foto udara suasana lengang simpang lima kota tua Ampenan, Mataram, NTB. Kota tua Ampenan jadi salah satu spot program wisata sejarah Heritage Walk.
Foto: ANTARA/Ahmad Subaidi
Foto udara suasana lengang simpang lima kota tua Ampenan, Mataram, NTB. Kota tua Ampenan jadi salah satu spot program wisata sejarah Heritage Walk.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Nusa Tenggara Barat dan Lombok Heritage and Science Society (LHSS) menggelar kegiatan promosi pariwisata bersejarah melalui ajang Heritage Walk.

Ketua BPPD NTB Ari Garmono mengatakan, kegiatan promosi destinasi atau objek wisata bersejarah perlu dilakukan. Hal itu untuk memberikan pilihan destinasi tambahan kepada wisatawan untuk dapat menikmati bentuk wisata bersejarah (heritage tourism) yang juga menjadi salah satu tren pariwisata yang cukup berkembang saat ini.

Baca Juga

"Kegiatan ini diharapkan ke depannya dapat menjadi nilai tambah dan diversifikasi produk/objek wisata untuk wisatawan sebagai destinasi penyangga KEK Mandalika yang dapat memberikan pengalaman yang tidak ada habisnya seperti filosofi dari branding pariwisata NTB (Lombok-Sumbawa Infinite Experiences)," ujar pada acara pembukaan Heritage Walk di Mataram, Ahad (12/12).

Ari menjelaskan, //heritage tourism merupakan potensi yang perlu digali untuk diversifikasi produk pariwisata NTB selain pengembangan 99 desa wisata, //sport tourism di KEK Mandalika, destinasi marine tourism dan bentuk wisata lainnya. Heritage Walk yang memperkenalkan wisata bersejarah ini juga selaras dengan prinsip pariwisata berkelanjutan.

Wisata tersebut mendorong destinasi untuk mengembangkan pariwisata alternatif untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). "Caranya, dengan memberikan manfaat ekonomi pariwisata kepada masyarakat lokal serta pengetahuan baik bagi masyarakat dan turis," kata dia.

Tiga spot/destinasi bersejarah yang diperkenalkan/dipromosikan dalam kegiatan Heritage Walk ini, meliputi Kota Tua Ampenan sebagai salah satu kota tertua yang ada di NTB. Kota Tua Ampenan jadi lokasi spot foto yang eksotis di bangunan bangunan tua dengan nilai sejarah tinggi. Kota tua yang sudah ramai dikunjungi sejak abad ke 17 ini merupakan kota yang sangat menarik karena turis dapat merasakan berada di pelabuhan dan bangunan-bangunan yang telah berdiri ratusan tahun lamanya.

Wilayah Mataram dan Cakranegara merupakan destinasi selanjutnya sebagai bagian dari rute heritage tour yang menjadi lokasi pusat pemerintahan sejak zaman Kerajaan Mataram serta tempat peristirahatan dan puri para raja dan keluarganya. Saat ini, lokasi tersebut juga digunakan sebagai lokasi pemerintahan untuk kantor Gubernur dan Walikota.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
تِلْكَ الرُّسُلُ فَضَّلْنَا بَعْضَهُمْ عَلٰى بَعْضٍۘ مِنْهُمْ مَّنْ كَلَّمَ اللّٰهُ وَرَفَعَ بَعْضَهُمْ دَرَجٰتٍۗ وَاٰتَيْنَا عِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ الْبَيِّنٰتِ وَاَيَّدْنٰهُ بِرُوْحِ الْقُدُسِۗ وَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ مَا اقْتَتَلَ الَّذِيْنَ مِنْۢ بَعْدِهِمْ مِّنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَتْهُمُ الْبَيِّنٰتُ وَلٰكِنِ اخْتَلَفُوْا فَمِنْهُمْ مَّنْ اٰمَنَ وَمِنْهُمْ مَّنْ كَفَرَ ۗوَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ مَا اقْتَتَلُوْاۗ وَلٰكِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يُرِيْدُ ࣖ
Rasul-rasul itu Kami lebihkan sebagian mereka dari sebagian yang lain. Di antara mereka ada yang (langsung) Allah berfirman dengannya dan sebagian lagi ada yang ditinggikan-Nya beberapa derajat. Dan Kami beri Isa putra Maryam beberapa mukjizat dan Kami perkuat dia dengan Rohulkudus. Kalau Allah menghendaki, niscaya orang-orang setelah mereka tidak akan berbunuh-bunuhan, setelah bukti-bukti sampai kepada mereka. Tetapi mereka berselisih, maka ada di antara mereka yang beriman dan ada (pula) yang kafir. Kalau Allah menghendaki, tidaklah mereka berbunuh-bunuhan. Tetapi Allah berbuat menurut kehendak-Nya.

(QS. Al-Baqarah ayat 253)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement