Jumat 07 Jan 2022 17:56 WIB

Pabrikan AS Bersiap Ambil Ceruk Mobil Listrik Tesla

GM dan Ford bersiap memproduksi mobil listrik untuk melawan Tesla.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Sedan Tesla terparkir di diler Littleton, Colorado, AS. Kini, sejumlah pabrikan lain yang juga berasal dari Amerika Serikat (AS) juga bersiap untuk serius menggarap pasar mobil listrik.
Foto: AP Photo/David Zalubowski
Sedan Tesla terparkir di diler Littleton, Colorado, AS. Kini, sejumlah pabrikan lain yang juga berasal dari Amerika Serikat (AS) juga bersiap untuk serius menggarap pasar mobil listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Pasar mobil listrik atau electric vehicle (EV) adalah pasar yang sangat potensial. Peluang ini pun berhasil dioptimalkan oleh Tesla.

Namun, dalam beberapa tahun ke depan, sepertinya Tesla akan menghadapi sejumlah rival yang cukup sengit. Karena, sejumlah pabrikan lain yang juga berasal dari Amerika Serikat (AS) juga bersiap untuk serius menggarap pasar EV.

Baca Juga

Dikutip dari Reuters pada Jumat (7/1/2022), sejumlah pabrikan AS yang ingin serius menggarap pasar EV diantaranya adalah General Motors (GM) dan Ford.

GM merupakan pabrikan yang telah menyiapkan strategi yang cukup agresif. GM menargetkan untuk bisa menghadirkan 30 EV hingga tahun 2025.

Beberapa produk yang segera meluncur diantaranya adalah Cadillac Lyric dan Chevrolet Silverado. Kedua produk itu rencananya akan diluncurkan pada tahun ini dan tahun depan.

Untuk Ford, rencananya pabrikan itu akan meluncurkan F-150 EV pada musim semi tahun ini. Selanjutnya, pada tahun depan Ford akan mulai memasarkan EV dalam wujud Van yang disebut dengan E-Transit.

Selain GM dan Ford, pasar EV juga diramaikan oleh Lucid. Setelah sukses memasarkan produk pertamanya pada Oktober tahun lalu, pabrikan ini pun melanjutkan aksinya untuk memperluas cakupan pasar.

Tahun ini, Lucid berencana untuk mulai menjangkau pasar Eropa. Selain itu, Lucid juga menargetkan untuk mampu memasarkan 20 ribu unit kendaraan pada sepanjang 2022.

Selain itu, pabrikan lain yang juga menyasar pasar EV adalah Rivian dan Nikola. Dengan banyaknya pemain pasar, maka hal ini membuat masyarakat mendapat opsi EV yang makin beragam sesuai kebutuhanya masing-masing.


Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قَالُوْا يٰلُوْطُ اِنَّا رُسُلُ رَبِّكَ لَنْ يَّصِلُوْٓا اِلَيْكَ فَاَسْرِ بِاَهْلِكَ بِقِطْعٍ مِّنَ الَّيْلِ وَلَا يَلْتَفِتْ مِنْكُمْ اَحَدٌ اِلَّا امْرَاَتَكَۗ اِنَّهٗ مُصِيْبُهَا مَآ اَصَابَهُمْ ۗاِنَّ مَوْعِدَهُمُ الصُّبْحُ ۗ اَلَيْسَ الصُّبْحُ بِقَرِيْبٍ
Mereka (para malaikat) berkata, “Wahai Lut! Sesungguhnya kami adalah para utusan Tuhanmu, mereka tidak akan dapat mengganggu kamu, sebab itu pergilah beserta keluargamu pada akhir malam dan jangan ada seorang pun di antara kamu yang menoleh ke belakang, kecuali istrimu. Sesungguhnya dia (juga) akan ditimpa (siksaan) yang menimpa mereka. Sesungguhnya saat terjadinya siksaan bagi mereka itu pada waktu subuh. Bukankah subuh itu sudah dekat?”

(QS. Hud ayat 81)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement