Selasa 01 Feb 2022 10:41 WIB

Novavax Diajukan Jadi Vaksin Alternatif di AS

Novavax dapat jadi alternatif bagi warga AS yang ingin divaksinasi berbasis protein.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Vaksin Novavax
Foto: AP Photo/Alastair Grant
Vaksin Novavax

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Novavax mengumumkan bahwa perusahaan telah secara resmi mengajukan permintaan otorisasi penggunaan darurat dari vaksin Covid-19 berbasis protein di Amerika Serikat (AS). Novavak bisa menjadi opsi bagi yang menolak atau punya kondisi tidak memungkinkan mendapat vaksin Covid-19.

Jika disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA), suntikan Novavax bisa menjadi dosis Covid-19 pertama yang tersedia di AS berdasarkan jenis teknologi "subunit protein" yang telah digunakan selama beberapa dekade dalam vaksinasi rutin lainnya. 

Baca Juga

Para pejabat mengatakan opsi ini dapat membantu membujuk beberapa penangguhan vaksin yang tersisa untuk mendapatkan suntikan. Selain itu, guna meningkatkan tujuan donasi vaksin internasional administrasi Presiden AS Joe Biden.

“Kami percaya vaksin kami menawarkan opsi berbeda yang dibangun di atas platform vaksin berbasis protein yang dipahami dengan baik dan dapat menjadi alternatif dari portofolio vaksin yang tersedia untuk membantu memerangi pandemi Covid-19,” kata presiden dan CEO Novavax Stanley Erck dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari CBS News, Selasa (1/2/2022).

Vaksin Novavax akan ditujukan untuk orang berusia 18 tahun ke atas. Tetapi bagian orang dewasa Amerika yang tersisa untuk divaksinasi menyusut. Hampir 90 persen orang dewasa AS sudah memiliki setidaknya satu dosis vaksin Covid-19, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Sebagian besar divaksinasi dengan vaksin berbasis mRNA yang dikembangkan oleh Moderna atau Pfizer dan BioNTech. Vaksin itu telah terbukti aman dan efektif dalam membatasi kasus dan kematian Covid-19 pada jutaan orang Amerika.

Namun, pejabat kesehatan federal telah lama mengatakan bahwa vaksin berbasis protein mungkin masih memiliki jalan menuju otorisasi, dengan harapan meyakinkan bagi yang enggan atau tidak dapat menerima suntikan mRNA.

"Ada beberapa orang di Amerika Serikat yang masih tidak mau menerima vaksin mRNA kami dan mereka sedang menunggu vaksin berbasis protein. Dan bagi kami, apa pun yang bisa kami lakukan untuk membantu mendapatkan porsi yang lebih besar dari populasi kami yang divaksinasi adalah sesuatu yang kami lakukan, perlu dilakukan," kata Dr Peter Marks, pejabat tinggi vaksin FDA, pada konferensi tahun lalu.

Seorang juru bicara tidak mengomentari apakah FDA akan mengadakan pertemuan dengan Komite Penasihat Vaksin dan Produk Biologi Terkait, sebelum memutuskan perizinan Novavax, seperti yang dilakukan untuk Pfizer-BioNTech, Moderna, dan Johnson & vaksin Johnson. Baik FDA maupun CDC harus menandatangani vaksin Covid-19 Novavax sebelum dosis pertama dapat diluncurkan.

Dari portofolio vaksin yang pengembangannya didukung oleh Operation Warp Speed ​​​​pemerintahan Trump di awal pandemi, dua suntikan Novavax serta yang lain dikembangkan oleh Sanofi Pasteur dan GlaxoSmithKline berbasis protein. Tidak seperti vaksin tradisional, yang mengandalkan suntikan dosis seluruh virus yang dinonaktifkan atau dilemahkan, para ilmuwan yang mengembangkan vaksin subunit protein hanya memilih fragmen virus tertentu untuk memicu respons imun. Teknik ini telah digunakan selama bertahun-tahun dalam vaksin hepatitis B, pertusis (batuk rejan) dan penyakit lainnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement