Sabtu 09 Apr 2022 08:35 WIB

Klopp Siapkan Kejutan untuk Guardiola

The Reds hanya tertinggal satu poin dari City dengan delapan pertandingan tersisa.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Nidia Zuraya
Pelatih Manchester City Pep Guardiola dan pelatih Liverpool Juergen Klopp
Foto: istimewa
Pelatih Manchester City Pep Guardiola dan pelatih Liverpool Juergen Klopp

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Liverpool akan melakoni pertandingan terbesar Liga Inggris tahun ini saat mereka menghadapi Manchester City di Etihad, Ahad (10/4/202l) dalam persaingan langsung dengan pemimpin klasemen sementara. The Reds hanya tertinggal satu poin dari City dengan delapan pertandingan tersisa.

Jurgen Klopp bisa mendapatkan keunggulan di puncak klasemen Liga Inggris jika mampu mengamankan poin penuh, tetapi pada saat yang sama, Pep Guardiola juga mempermainkan prospek untuk unggul empat poin. Bentrokan itu bisa menentukan tim yang akan menjadi juara musim ini.

Baca Juga

Untuk memberikan kemenangan tandang melawan City untuk kedua kalinya dalam karir manajerialnya, Klopp dapat mengubah segalanya. Dia memberlakukan perubahan taktis musim lalu dan kali ini, dia bisa menggunakannya lagi.

Formasi 4-3-3 telah menjadi sistem andalan Klopp untuk sebagian besar waktunya di Merseyside. Selain dari pergantian kesempatan ke 4-2-3-1, pelatih Jerman telah menunjukkan preferensi yang jelas sejak kedatangannya pada Oktober 2015.

Dia juga menggunakan formasi melawan City tetapi ketika Liverpool terakhir kali menghadapi tim Guardiola di Etihad, dia membuat penyesuaian yang tidak lazim dengan menggunakan 4-4-2.

Itu tampak lebih seperti 4-2-4 setiap kali Liverpool memulai serangan. Roberto Firmino dan Mohamed Salah beroperasi sebagai dua pemain depan melalui tengah, dengan Sadio Mane di sayap kiri dan Diogo Jota di kanan.

Firmino dan Salah memblokir akses ke Rodri dan Ilkay Gundogan di tengah taman pada saat itu, dan Mane dan Jota masuk untuk memblokir ruang di mana para kreator City biasanya beroperasi, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

The Reds gagal meraih kemenangan dengan skor berakhir 1-1, tetapi tim tamu memimpin dan berhasil mengalahkan City dengan sembilan percobaan berbanding enam selama pertandingan.

Selama 45 menit pertama, pakaian Manchester berjuang untuk mengatasi proses dengan standar mereka yang biasa dan itu berasal dari penyesuaian taktis Liverpool. Tembakan pertama mereka tidak datang sampai menit ke-25.

Skema 4-4-2 memungkinkan penyerang ekstra untuk diturunkan dengan mengorbankan gelandang tengah, dengan Jota berdampak pada pemilihan Klopp sebagai rekrutan baru pada saat itu.

Luis Diaz bisa memiliki pengaruh yang sama kali ini. Penyerang Kolombia itu telah mencetak gol melawan City di masa lalu setelah menghadapi mereka dengan FC Porto di Liga Champions, dan Klopp mungkin tergoda untuk menurunkannya.

Dengan lima penyerang top yang dimilikinya, bos The Reds akan kembali menggunakan 4-4-2, murni sebagai cara untuk menimbulkan masalah bagi rencana Guardiola.

 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement