Sabtu 16 Apr 2022 23:29 WIB

Livescore; Liverpool Lolos ke Final Piala FA Usai Kandaskan City 3-2

City akhirnya memberikan perlawanan kepada Liverpool pada babak kedua.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Liverpool Ibrahima Konate (tengah) menyundul bola untuk mencetak gol pembuka pada pertandingan sepak bola semifinal Piala FA Inggris antara Manchester City dan Liverpool di stadion Wembley di London, Sabtu (16/4/2022).
Foto: AP/Kirsty Wigglesworth
Pemain Liverpool Ibrahima Konate (tengah) menyundul bola untuk mencetak gol pembuka pada pertandingan sepak bola semifinal Piala FA Inggris antara Manchester City dan Liverpool di stadion Wembley di London, Sabtu (16/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Liverpool lolos ke final Piala FA setelah mengalahkan Manchester City 3-2, di Stadion Wembley, London, Inggris, Sabtu (16/4/2022) malam WIB. City yang merotasi besar-besaran skuadnya frustrasi menembus pertahanan The Reds sepanjang laga.

Permainan berlangsung dengan tempo lambat di awal babak pertama. Liverpool maupun Manchester City sama-sama berhati-hati dalam melakukan serangan.  Namun The Reds berhasil mencuri gol di menit kesembilan melalui sundulan Ibrahima Konate menyambut umpan pojok Andrew Robertson.

Baca Juga

The Citizen langsung meningkatkan tekanan setelah gol tersebut. Mereka mulai memainkan gaya permainannya yakni melakukan penguasaan bola selama mungkin.  Namun Zack Steffen yang dipasang sebagai pengganti Ederson di bawah mistar membuat blunder fatal. Ia bermain dengan bola sehingga tendangannya berhasil diblok  Sadio Mane dan berbuah gol pada menit ke-17.

Tertinggal 2-0, City terus mencoba mengejar ketertinggalan dengan mengeksploitasi sisi kanan pertahanan Liverpool. Namun pertahanan Virgil van Dijk dan kawan-kawan sangat rapat sehingga sulit ditembus. City nyaris tak memiliki ruang tembak ke gawang Liverpool.

Adapun Liverpool bermain lebih efektif. Mereka menunggu para pemain City menyerang kemudian merebut bola dan melakukan serangan balik cepat. Skema ini beberapa kali memberikan ancaman besar ke pertahanan City lewat Sadio Mane dan Mohamed Salah.

Gol Sadio Mane pada menit ke-45 menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0. Mane mencetak gol dengan tembakan first time memanfaat umpan Thiago Alcantara.

City dengan cepat memperkecil ketertinggalan menjadi 3-1 ketika babak kedua berlangsung dua menit, tepatnya menit ke-47 lewat sepakan Jack Grealish. Berawal dari Fernandinho yang menggiring bola dari sisi kiri pertahanan Liverpool, ia mengirim umpan terobosan kada Gabriel Jesus.

Pemain internasional Brazil tersebut menusuk ke area penalti lalu memberikan umpan kepada Grealish yang berdiri bebas di depan gawang. Ia pun dengan nyaman mengarahkan bola ke sisi kanan gawang Alisson Becker.

Pada menit ke-54, City nyaris mencetak gol lagi jika Alisson tak berhasil memblok tembakan Jesus yang menusuk ke dalam area penalti setelah mendapatkan umpan terobosan dari Sterling. Pada menit ke-66 giliran Liverpool yang nyaris menambah gol melalui Mohamed Salah.

Pemain internasional Mesir tersebut mendapatkan umpat terobosan dari Mane. Salah yang menusuk ke are penalti langkahnya berhasil dihentikan oleh Ake sehingga hanya menghasilkan tendangan sudut. Pada menit ke-70, City nyaris menambah gol dari kaki Jesus yang sudah berhadap-hadapan dengan Alisson. Namun tembakan Jesus mampu diblok dengan kaki Alisson.

Dua menit berselang, Salah juga nyaris mencetak gol memanfaatkan kesalahan Zinchenko yang salah dalam mengantisipasi bola lambung hingga terjatuh. Salah yang berdiri di belakangnya dengan mudah membawa bola ke arah gawang tetapi sontekannya terlalu tinggi di atas mistar.

City memperkecil ketertinggalan menjadi 3-2 pada menit ke-90+1 melalui Bernardo Silva yang memanfaatkan bola muntah hasil blok Alisson terhadap tembakan Mahrez. Namun City tak mampu menyamakan kedudukan hingga laga berakhir. 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement