Jumat 22 Apr 2022 21:53 WIB

Ganjar Dapati Jalan Rusak di Jalur Alternatif Mudik

Gubernur Ganjar Pranowo mendapati jalan rusak di jalur alternatif mudik.

Red: Bilal Ramadhan
Gubernur Jawa Tengaah, Ganjar Pranowo berdialog dengan seorang operator SPBU Pertamina di Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Senin (11/4). Gubernur Ganjar Pranowo mendapati jalan rusak di jalur alternatif mudik.
Foto: Istimewa
Gubernur Jawa Tengaah, Ganjar Pranowo berdialog dengan seorang operator SPBU Pertamina di Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Senin (11/4). Gubernur Ganjar Pranowo mendapati jalan rusak di jalur alternatif mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendapati jalan dalam kondisi rusak saat melakukan pengecekan pada jalur alternatif untuk arus mudik Lebaran 2022 di ruas Kembangan-Linggamas yang merupakan perbatasan antara Kabupaten Banyumas dan Purbalingga, Jumat (22/4/2022).

Kondisi ruas jalan pada jalur alternatif tersebut terlihat cukup rusak dengan beberapa bagian permukaan jalan tidak rata dan bergelombang sehingga mengurangi kenyamanan serta keamanan masyarakat yang melintas.

Baca Juga

Mendapati hal tersebut, Ganjar kemudian bertanya kepada warga dan beberapa petugas yang mendampinginya mengecek jalur mudik. Orang nomor satu di Jateng itu memperoleh informasi jika kerusakan jalan terjadi akibat truk pengangkut galian C yang kelebihan muatan.

"Ini sebenarnya jalur alternatif yang kita siapkan untuk pemudik lebaran, biasanya saat lebaran, banyak pemudik yang lewat jalan ini untuk perjalanan dari Banjarnegara menuju Banyumas," kata Ganjar.

Dengan melewati jalur tersebut, masyarakat memangkas waktu dan jarak cukup panjang karena tidak memutar melalui kota. Politikus PDI Perjuangan itu akan mengecek apakah galian C yang menyebabkan jalan rusak itu legal atau ilegal dan meminta pemerintah daerah setempat untuk mengecek serta menegakkan peraturan yang berlaku.

"Nanti kita cek, apakah galian C itu legal apa tidak, kawan-kawan daerah saya minta juga dicek dan tolong perhatikan aturan. Kalau rusak seperti ini masyarakat yang dirugikan karena tidak bisa menikmati jalan akibat bergelombang," ujarnya.

Selain jalur alternatif, jalan yang rusak tersebut merupakan akses menuju Bandara Jenderal Besar Soedirman sehingga ketika bandara dioperasikan kembali, maka jalan itu yang akan digunakan.

"Ini jalur ke bandara, tapi juga biasa digunakan mudik lebaran, maka saya minta segera diperbaiki, ditata agar tidak membahayakan," katanya.

Ganjar menyebut ruas jalan yang rusak tercatat sebagai jalan kabupaten sehingga kewenangan untuk memperbaiki berada di pemkab. "Ini jalan kabupaten, saya minta inikan ada dari PU-nya. Nanti dicek minimal tidak berlubang, yang berlubang saya minta ditutup agar betul-betul disiapkan jelang lebaran," ujar Ganjar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement