Senin 09 May 2022 12:03 WIB

Jokowi Inginkan Indonesia Minimal Tiga Besar di SEA Games Vietnam

Jokowi mengakui tak mudah untuk meraih target prestasi yang diharapkan tersebut.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Israr Itah
Kontingen Indonesia di SEA Games Vietnam (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Kontingen Indonesia di SEA Games Vietnam (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -– Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan Kontingen Indonesia yang bertanding di SEA Games ke-31 di Vietnam dapat meraih peringkat tiga besar. Hal ini disampaikan Jokowi saat pelepasan tim Indonesia menuju SEA Games Vietnam di halaman depan Istana Merdeka yang juga diikuti secara virtual, Senin (9/5/2022).

Jokowi mengatakan, pada gelaran SEA Games di Singapura 2015 lalu, Indonesia meraih peringkat kelima. Kemudian saat penyelenggaraan SEA Games di Malaysia, Indonesia juga menempati posisi kelima.

Baca Juga

Sedangkan saat SEA Games 2019 di Filipina, Indonesia memperbaiki posisinya dan meraih peringkat keempat. Karena itu, Jokowi pun menargetkan agar pada SEA Games ke-31 di Vietnam tahun ini, Indonesia bisa masuk ke peringkat yang lebih tinggi.

“Kali ini kita semua ingin agar SEA Games ke-31 di Vietnam kita bisa masuk ke ranking yang ketiga, kedua, atau kesatu,” ujar Jokowi dalam sambutannya.

Ia mengakui tak mudah untuk meraih target prestasi yang diharapkan tersebut. Namun, melalui proses seleksi yang telah dilakukan dengan baik, ia berharap berbagai prestasi yang lebih tinggi dapat diraih.

“Dengan mengucap bismillahirahmanirahim, kontingen SEA Games ke-31 di Vietnam pada hari ini saya berangkatkan,” kata Jokowi.

Jumlah tim kontingen yang diberangkatkan ke SEA Games pada tahun ini tercatat lebih sedikit jika dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. Namun, Presiden berharap tim Indonesia dapat meraih prestasi setinggi-tingginya dan meraih medali yang sebanyak-banyaknya untuk mengharumkan nama negara.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut jumlah tim kontingen Indonesia yang diberangkatkan pada tahun ini jauh lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya.

“Jauh berkurang bila dibandingkan dengan kontingen Indonesia yang dikirimkan ke SEA Games ke-30 di Filipina tahun 2019 yang lalu yaitu 1.304 orang terdiri dari atlet 841 orang, ofisial 300 orang, pendamping 163 orang,” ujar Zainudin.

Meskipun jumlahnya berkurang, ia berharap tim yang diberangkatkan ini dapat menjadi tolok ukur pembinaan prestasi olahraga nasional.

Sementara, Chef de Mission Kontingen Indonesia pada SEA Games 2021 Ferry Kono menambahkan, Indonesia akan berupaya untuk bertahan pada posisi empat besar pada gelaran SEA Games kali ini.

“Indonesia pada saat ini, karena SEA Games ini arahan dari bapak Menpora merupakan sasaran antara menuju kualifikasi Olimpiade Paris 2024, sehingga pada kali ini kita akan mencoba bertahan pada posisi empat besar,” kata dia.

Ia juga menyebut, tim Indonesia yang akan berpartisipasi dalam gelaran SEA Games kali ini berjumlah 499 atlet yang terdiri dari 313 atlet putra dan 186 atlet putri.

“Ada 214 ofisial yang akan mendampingi dan juga ada 63 tim headquarters,” ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement