Senin 11 Jul 2022 14:12 WIB

Dufry Beli Autogrill Benettons, Bentuk Perusahaan Baru Senilai Rp 89,898 Triliun

Perusahaan baru tersebut bergerak di bisnis industri ritel perjalanan.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Logo Dufry AG
Foto: wikimedia.org
Logo Dufry AG

REPUBLIKA.CO.ID, BASEL -- Dufry AG dari Swiss setuju untuk membeli Autogrill SpA dari keluarga miliarder Italia Benetton. Aksi korporasi itu akan menciptakan grup perusahaan baru senilai 6 miliar dolar AS atau setara Rp 89,898 triliun (kurs Rp 14.983 per dolar AS) di industri ritel perjalanan.  

Keluarga Benetton, yang mengendalikan Autogrill, akan mentransfer 50,3 persen saham mereka ke Dufry, dan akan menerima 0,158 saham Dufry baru untuk setiap saham Autogrill, berdasarkan sebuah pernyataan Senin (11/7/2022) seperti dikutip dari Bloomberg.

Baca Juga

Dufry, grup bebas bea terbesar di dunia, juga akan menawar 49,9 persen sisanya dari Autogrill, dengan investor memilih 0,158 saham Dufry baru atau 6,33 euro tunai untuk setiap saham di perusahaan Italia.

Dufry dan Benettons yang berbasis di Basel telah berbicara tentang potensi ikatan selama berbulan-bulan, mengikuti serangkaian pendekatan informal selama beberapa tahun terakhir. Bloomberg News pertama kali melaporkan tentang kesepakatan itu pada bulan April.

Grup ritel perjalanan yang muncul dari kesepakatan antara Dufry dan keluarga Benetton akan memiliki nilai pasar sekitar 6 miliar dolar AS. Chief Executive Officer Dufry Xavier Rossinyol akan memimpin grup gabungan, menurut pernyataan tersebut.

Kombinasi dengan Dufry diatur untuk menandai kesepakatan besar kedua dalam beberapa bulan terakhir untuk Alessandro Benetton, yang mengambil kendali di keluarga awal tahun ini. The Benettons pada bulan April setuju dengan Blackstone Inc. untuk mengambil operator jalan raya Atlantia SpA swasta, menilai operator jalan raya sebesar 19 miliar euro atau senilai 19,3 miliar dolar AS.

Terlepas dari kekacauan baru-baru ini di bandara di seluruh Eropa, industri perjalanan telah bangkit kembali dengan kuat dari bentangan dua tahun yang brutal, dengan jumlah penumpang udara sekarang mendekati tingkat pra-pandemi. Dalam konteks ini, Dufry dan Autogrill dapat mengumpulkan keuntungan operasional dalam kombinasi, menurut penelusuran Bloomberg.

Autogrill dan Dufry secara historis masing-masing memimpin dalam konsesi global katering dan ritel perjalanan, dan saling tumpang tindih terutama di Eropa dan Amerika Utara. Dengan perjanjian itu mereka dapat mengumpulkan keuntungan operasional dalam ikatan, termasuk sewa yang menguntungkan, pembelian dan logistik.

Keduanya memiliki beberapa keselarasan produk, terutama di AS, dengan Autogrill telah mengakuisisi merek ritel kenyamanan dalam enam tahun terakhir, sementara Dufry berkembang dalam layanan makanan, menurut Conroy Gaynor, Analis Industri BI.

Namun, beberapa analis hanya melihat peluang terbatas dari sinergi dalam menggabungkan bisnis bandara dan jalan raya, dan beberapa telah menunjuk ke rintangan pembiayaan mengingat arus kas operasi Dufry yang tertekan.

Grup gabungan akan memiliki 5.500 gerai di sekitar 1.200 bandara dan lokasi lainnya, menurut pernyataan itu. Kesepakatan itu akan memungkinkan Dufry untuk membangun kehadirannya di AS, sambil menambah lokasi lain di Asia, Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika.

"Kami mengubah industri kami dan mendefinisikan ulang batasannya, dan kami akan menciptakan identitas perusahaan baru untuk mencerminkan langkah mendasar ini," kata Rossinyol dalam pernyataannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement