Rabu 20 Jul 2022 16:59 WIB

Kawasan Wisata Pantai Depok Bantul akan Ditata Ulang

Pantai Depok merupakan kawasan wisata representatif bagi Yogyakarta.

Red: Nora Azizah
Matahari terbenam di kawasan Laguna Depok, Bantul, Yogyakarta.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Matahari terbenam di kawasan Laguna Depok, Bantul, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendukung rencana penataan ulang wilayah Pantai Depok menjadi kawasan wisata yang representatif oleh Pemprov DIY karena akan membawa perubahan yang baik bagi kabupaten ini. "Merupakan angin segar bagi Bantul karena Ngarso Dalem (Gubernur DIY) punya kehendak Pantai Depok ditata, yang namanya penataan dalam satu kawasan itu meliputi multisektoral," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di Bantul, Rabu (20/7/2022).

Menurut dia, di wilayah Pantai Depok terdapat empat aktivitas ekonomi masyarakat, yang pertama nelayan yang menangkap ikan di laut dengan perahu, aktivitas perdagangan karena terdapat jual beli ikan segar secara langsung di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Depok. Kemudian, ada aktivitas berupa industri pengolahan ikan yang dilakukan oleh Koperasi KUB Mina Bahari Pantai Depok, selanjutnya adanya jasa usaha pariwisata berupa kuliner dan jasa jasa usaha pariwisata yang lain.

Baca Juga

"Ini menjadi program daerah, bukan OPD (organisasi perangkat daerah) baik DIY maupun Kabupaten Bantul, karena Ngarso Dalem sudah dawuh(perintah) seperti ini kita berpacu dengan waktu bagaimana membuat suatu perencanaan yang terintegrasi antar empat sektor ini," katanya.

Dia mengatakan, untuk merealisasikan penataan kawasan wisata Pantai Depok bukan pekerjaan sepele dan mudah, karena membutuhkan koordinasi lintas sektor yang ada di Bantul dan DIY, termasuk juga pelaku usaha atau masyarakat pesisir. "Makanya kita pasti lari 'kenceng' bagaimana kita bisa menghasilkan satu perencanaan sampai DED (detail engineering design) nya, untuk memastikan keempat sektor ini mendapatkan ruang untuk berproduksi secara optimal," katanya.

Rencana penataan kembali Pantai Depok itu menyusul adanya gelombang tinggi pada Sabtu (16/7/2022) yang berdampak abrasi dan menghempaskan beberapa bangunan nonpermanen di bibir pantai, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X telah meninjau lokasi terdampak pada Selasa (19/7/2022).

"Saya ingin bagaimana bapak dan ibu punya kesepakatan kita mendesain ulang bagaimana Depok ini sebagai kawasan yang punya potensi kita tata kembali, kita tata kembali dengan fasilitas yang memang harapan saya lebih baik," kata Sultan saat dialog dengan pelaku usaha Pantai Depok, Bantul, Selasa.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَآ اَقُوْلُ لَكُمْ عِنْدِيْ خَزَاۤىِٕنُ اللّٰهِ وَلَآ اَعْلَمُ الْغَيْبَ وَلَآ اَقُوْلُ اِنِّيْ مَلَكٌ وَّلَآ اَقُوْلُ لِلَّذِيْنَ تَزْدَرِيْٓ اَعْيُنُكُمْ لَنْ يُّؤْتِيَهُمُ اللّٰهُ خَيْرًا ۗ اَللّٰهُ اَعْلَمُ بِمَا فِيْٓ اَنْفُسِهِمْ ۚاِنِّيْٓ اِذًا لَّمِنَ الظّٰلِمِيْنَ
Dan aku tidak mengatakan kepadamu, bahwa aku mempunyai gudang-gudang rezeki dan kekayaan dari Allah, dan aku tidak mengetahui yang gaib, dan tidak (pula) mengatakan bahwa sesungguhnya aku adalah malaikat, dan aku tidak (juga) mengatakan kepada orang yang dipandang hina oleh penglihatanmu, “Bahwa Allah tidak akan memberikan kebaikan kepada mereka. Allah lebih mengetahui apa yang ada pada diri mereka. Sungguh, jika demikian aku benar-benar termasuk orang-orang yang zalim.”

(QS. Hud ayat 31)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement