Sabtu 03 Sep 2022 13:11 WIB

Klopp Yakin Arthur Bisa Langsung Beradaptasi dengan Gaya Permainan Liverpool

Arthur memang memiliki kualitas mumpuni dalam hal melepaskan operan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Arthur Melo (kiri).
Foto: EPA-EFE/Raul Martinez
Arthur Melo (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, begitu yakin dengan kemampuan Arthur Melo untuk bisa beradaptasi dengan gaya permainan The Reds. Kemampuan spesial Arthur dalam hal melepaskan operan dan menjaga ritme permainan menjadi kualitas yang bisa diberikan gelandang asal Brasil itu buat permainan The Reds.

Arthur menjadi pemain terakhir yang didatangkan Liverpool pada jendela transfer musim panas kali ini. Mantan gelandang Barcelona itu datang dengan status pinjaman dari Juventus. Liverpool memiliki opsi perekrutan mengubah status kepindahan Arthur tersebut pada akhir masa peminjaman dengan nilai transfer mencapai 37,5 juta poundstelring.

Baca Juga

Kehadiran gelandang berusia 26 tahun itu dianggap menjadi langkah The Reds untuk menjawab krisis pemain di lini tengah, yang tengah diterpa badai cedera. Jordan Henderson menjadi pemain terakhir yang terpaksa masuk ruang perawatan lantaran mengalami cedera hamstring.

Klopp pun menyambut kehadiran Arthur dengan antusiasme tinggi. Menurut pelatih asal Jerman itu, Arthur memiliki sederet kemampuan unik yang bisa meningkatkan performa lini tengah Liverpool, terutama dalam urusan menjaga ritme permainan The Reds.

''Dia bisa menjaga ritme permainan, memiliki operan yang bagus, dan terlihat nyaman saat menguasai bola. Dia juga bisa bermain baik di area yang sempit. Jadi, saya sangat senang dengan keberhasilan manajemen klub menyelesaikan kepindahan ini,'' ujar Klopp seperti dilansir BBC Sports International, Sabtu (3/9/2022).

Berdasarkan catatan laman statistik sepak bola, Fbref, Arthur memang memiliki kualitas mumpuni dalam hal melepaskan operan. Di pentas Serie A musim lalu, Arthur tercatat mengemas 90 persen rataan operan sukses. Namun, performa Arthur tidak luput dari berbagai kritik. Arthur, yang kerap diplot sebagai deep-playing midfielder, kerap kesulitan untuk bisa menjaga konsistensi performa.

Arthur pun cenderung tersingkir dari tim inti I Biaconeri. Pada musim lalu, Arthur hanya tampil sebagai starter di 11 laga dari 20 penampilan di pentas Serie A. Kendati begitu, Klopp tidak mau ambil pusing dengan kritikan tersebut. Eks pelatih Borussia Dortmund itu malahan masih tidak percaya, Juventus rela meminjamkan pemain yang diboyong dari Barcelona pada 2020 itu selama semusim penuh pada musim ini.

''Bagaimana bisa Anda meminjamkan pemain dengan kualitas seperti itu? Dia kerap dianggap gagal di Juventus. Namun, saya justru melihat hal positif dari penampilannya. Dia masih memiliki potensi tersebut. Gaya permainan kami berbeda dari Juventus. Saya yakin, dia bisa sesuai dengan gaya permainan kami,'' kata Klopp.

Namun, Klopp masih harus menunggu untuk bisa menurunkan Arthur. Eks gelandang Gremio itu kemungkinan besar masih absen di laga kontra Everton, Sabtu (3/9/2022) malam WIB. Arthur masih harus menyelesaikan masalah administrasi berupa izin kerja dari Pemerintah Inggris. Arthur diharapkan sudah bisa merumput di laga kontra Napoli di ajang Liga Champions, tengah pekan depan.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement