Senin 05 Sep 2022 22:54 WIB

Verratti Ingat Jasa Ibrahimovic, Maxwell, dan Motta Selama di PSG

Ibra, Maxwell, dan Motta akhirnya menikmati tugas luar biasa bersama PSG.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Paris Saint-Germain (PSG), Marco Verratti.
Foto: AP/Daniel Cole
Gelandang Paris Saint-Germain (PSG), Marco Verratti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelandang Paris Saint-Germain (PSG) Marco Verratti telah menyatakan bahwa dia 'belajar banyak' dari Zlatan Ibrahimovic, Maxwell, dan Thiago Motta selama musim pertamanya di Paris. Verratti bergabung dengan raksasa Ligue 1 pada musim panas 2012 dari klub Italia Pescara, saat berusia 19 tahun.

Ibrahimovic juga tiba di Parc des Princes, Prancis, musim panas itu, sementara Motta dan Maxwell bergabung dengan klub pada Januari tahun itu. Ketiga pemain tersebut berusia 30-an saat itu.

Baca Juga

Pemain asal Italia itu mau tidak mau harus banyak belajar dari trio berpengalaman, meskipun mereka semua memulai perjalanan dengan PSG di tahun yang sama. Verratti pun berbicara tentang dampak Ibrahimovic, Maxwell, dan Motta terhadapnya di tahun-tahun awalnya bersama tim Paris.

“Saya memikirkan awal saya dengan Ibra, Thiago Motta, Maxwell. Saya belajar banyak dari mereka masing-masing. Ibra dengan auranya yang tak terkalahkan. Thiago Motta, yang bermain di posisi yang sama dengan saya. Saya belajar banyak dari dia. Bermain sepak bola sederhana terkadang merupakan hal tersulit untuk dilakukan," kata Verratti dikutip dari Sportskeeda, Senin (5/9/2022).

Sang gelandang melanjutkan untuk menambahkan tentang Motta dan Maxwell. "Dia adalah orang yang tampaknya tidak ingin bersinar ketika Anda berada di dekatnya, dan Anda menyadari bahwa dengan cara dia harus mengoperasikan kru. Kemudian ada Maxwell, dia adalah pria yang sangat rendah hati yang memberi saya banyak nasihat. Dia sudah seperti kakak bagi saya," tambahnya.

Verratti menyimpulkan, "Jadi, saya pikir ketiga orang ini menandai debut saya. Saya bertemu mereka saat sangat muda. Merekalah yang paling banyak membantu saya," pungkas Verratti.

Ibrahimovic, Maxwell, dan Motta akhirnya menikmati tugas luar biasa bersama PSG. Dalam enam tahun di klub, Ibra, striker Swedia, itu mencetak 156 gol hanya dalam 180 pertandingan dan memenangkan 13 gelar sebelum pindah ke AC Milan.

Maxwell, sementara itu, bermain 214 kali untuk Parisians, memberikan 25 assist sebelum pensiun pada 2017. Ia salah satu pemain paling berprestasi dalam sejarah sepak bola. Pemain Brasil ini memenangkan 15 trofi selama waktunya di Paris.

Motta memainkan 231 pertandingan di semua kompetisi untuk klub raksasa Prancis sebelum mengakhiri kariernya pada tahun 2018. Pemain Brasil, yang sejak itu beralih ke manajemen, memenangkan 18 trofi dengan klub.

Verratti adalah satu-satunya pemain dari daftar ini yang masih bersama PSG. Pemain asal Italia itu telah menyelesaikan satu dekade di klub dengan dua tahun lagi tersisa dalam kontraknya dan tetap menjadi starter yang dijamin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement