Rabu 07 Sep 2022 05:15 WIB

Sikapi Reaksi Kenaikan Harga BBM, Ruang Dialog Dibuka Lebar

Pemprov siap menerima masukan dan menampung aspirasi terkait kenaikan harga BBM

Rep: bowo pribadi/ Red: Hiru Muhammad
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.menyampaikan, pemprov  siap menerima masukan dan menampung aspirasi terkait kenaikan harga BBM bersubsidi.
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.menyampaikan, pemprov siap menerima masukan dan menampung aspirasi terkait kenaikan harga BBM bersubsidi.

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG--Sejumlah elemen masyarakat mulai bereaksi terkait kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi, yang berlaku efektif per 3 September 2022.

Terkait hal ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah membuka ruang dialog bagi masyarakat yang akan menyampaikan aspirasi kepada pemerintah.

Baca Juga

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyampaikan, pemprov  siap menerima masukan dan menampung aspirasi terkait kenaikan harga BBM bersubsidi."Ruang- ruang dialog ini disiapkan guna menghindari aksi massa atau demonstrasi dalam merespon kebijakan BBM ini," katanya  (5/9/2022) Senin malam.

Ganjar mengungkapkan, Pemprov Jawa Tengah sudah menggelar rapat bersama dengan jajaran  forkopimda dan kepala daerah termasuk dengan kemendagri.

Maka dalam memfasilitasi elemen  masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi telah disiapkan ruang dialog yang akan  difasilitasi oleh Kesbangpol.

Harapannya masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi atau berargumentasi bisa mendapatkan ruang serta tempat yang benar- benar pas. “Aspirasi boleh disampaikan secara terbuka, tetapi  ruang- ruang dialog inilah yang coba kita berikan agar semuanya menjadi jelas dan terang,” ujarnya.

Ganjar mengaku bisa memahami apa yang dirasakan masyarakat  setelah kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi. Jika ada masukan- masukan sampaikan."Apapun aspirasi dan masukan yang diberikan oleh masyarakat pasti akan kita teruskan dan kita sampaikan kepada pemerintah pusat," tegas gubernur.

Masih terkait kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi, Pemprov Jawa Tengahsebelumnya juga telah merespon melalui peran tim pengendali inflasi daerah (TPID). TPID bakal dioptimalkan guna memitigasi dampak- dampak kenaikan harga BBM yang berpotensi memicu terjadinya inflasi.

Di sektor distribusi BBM bersubsidi, pengawasannya bakal dipantau  secara ketat oleh Polri dan TNI, di segala lini distribusi "Tujuannya agar masyarakat mendapat kepastian suplai dan juga untuk mengantisipasi berbagai potensi penyelewengan  BBM bersubsidi," tandas Ganjar.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِذْ جَعَلَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فِيْ قُلُوْبِهِمُ الْحَمِيَّةَ حَمِيَّةَ الْجَاهِلِيَّةِ فَاَنْزَلَ اللّٰهُ سَكِيْنَتَهٗ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَعَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ وَاَلْزَمَهُمْ كَلِمَةَ التَّقْوٰى وَكَانُوْٓا اَحَقَّ بِهَا وَاَهْلَهَا ۗوَكَانَ اللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا ࣖ
Ketika orang-orang yang kafir menanamkan kesombongan dalam hati mereka (yaitu) kesombongan jahiliah, lalu Allah menurunkan ketenangan kepada Rasul-Nya, dan kepada orang-orang mukmin; dan (Allah) mewajibkan kepada mereka tetap taat menjalankan kalimat takwa dan mereka lebih berhak dengan itu dan patut memilikinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

(QS. Al-Fath ayat 26)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement