Sabtu 10 Sep 2022 09:24 WIB

Cuaca Hari Ini: NTB Diprakirakan Hujan pada Akhir Pekan

Puncak musim hujan diprakirakan pada umumnya terjadi pada Januari 2023.

Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Hujan Petir. Cuaca Hari Ini: NTB Diprakirakan Hujan pada Akhir Pekan
Foto: pixabay
Ilustrasi Hujan Petir. Cuaca Hari Ini: NTB Diprakirakan Hujan pada Akhir Pekan

REPUBLIKA.CO.ID, PRAYA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca di Nusa Tenggara Barat (NTB) terkait dengan potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat serta angin kencang pada akhir pekan ini.

"Hari ini, Sabtu (10/9/2022) hingga Ahad (11/9/2022) wilayah NTB berpotensi terjadi hujan," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid Lombok, Dhian Yulie Cahyono dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (10/9/2022).

Baca Juga

Dengan adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang, masyarakat diharapkan tetap mewaspadai dampak bencana alam yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang.

"Warga tetap waspada terhadap dampak bencana yang ditimbulkan," katanya.

Pada Sabtu ini, potensi hujan di wilayah NTB di Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Tengah, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, dan Dompu, sedangkan pada Minggu (11/9) potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Utara, Lombok Tengah, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, dan Dompu.

"Potensi hujan diprediksi terjadi siang hingga sore hari," katanya.

Sebelumnya, Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kelas I Nusa Tenggara Barat Nuga Putrajinto mengatakan awal musim hujan 2022/2023 di wilayah NTB diprakirakan terjadi pada bulan Oktober dasarian II. Sifat hujan pada musim hujan 2022/2023 di wilayah NTB pada umumnya diprakirakan pada kategori normal.

Puncak musim hujan diprakirakan pada umumnya terjadi pada Januari 2023. Pada periode peralihan musim Oktober-November 2022 perlu diwaspadai cuaca ekstrem, seperti hujan lebat, angin kencang, puting beliung, dan potensi hujan es.

"Pemerintah daerah dan masyarakat di daerah rawan banjir dan tanah longsor diimbau untuk waspada menjelang dan pada saat periode puncak musim hujan, terutama di wilayah yang mengalami musim hujan lebih basah dari normalnya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement