Mahasiswa Nusa Mandiri Raih Medali Emas KSI 2021

Kompetisi Sains Indonesia (KSI) 2021 diikuti 700 peserta dari PTN dan PTS.

Dok STMIK Nusa Mandiri
Ramadhan Nugroho Satrio Wibowo, mahasiswa STMIK Nusa Mandiri, berhasil meraih medali emas Kompetisi Sains Indonesia (KSI) 2021.
Red: Irwan Kelana

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Banyaknya mahasiswa STMIK Nusa Mandiri yang meraih prestasi akademik maupun non-akademik selama pandemi, membuktikan bahwa kampus STMIK Nusa Mandiri tempatnya mencetak mahasiswa berprestasi. Kali ini, prestasi baru diukir oleh Ramadhan Nugroho Satrio Wibowo lewat Kompetisi Sains Indonesia (KSI) yang digelar oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI). 


Satrio,  sapaan akrabnya mengungkapkan bahwa awalnya ia hanya iseng mengikuti kegiatan ini.  Namun ternyata ia berhasil keluar sebagai pemenang dengan medali emas bersama mahasiswa lainnya dari perguruan tinggi terkenal. 

“Saya sudah sering mengikuti berbagai olimpiade dari mulai SD hingga SMA. Saat melihat informasi KSI ini, saya hanya sekedar iseng untuk mengikuti, namun ternyata keluar sebagai salah satu pemenang bersama dengan mahasiswa lain seperti kampus  ITS, ITB, UNM, UGM, UI dan lainnya,” ujarnya melalui rilis, Kamis (4/3). 

Satrio bercerita untuk dapat mengikuti olimpiade ini, ia hanya mengerjakan soal-soal KSI dan Olimpiade Sains Kuark (OSK) tahun sebelumnya. Uniknya, karena terkendala dengan jaringan internet yang biasanya tidak stabil, Satrio memutuskan untuk mengerjakan soal olimpiade di warnet. 

“Saya hanya mencoba untuk mengerjakan soal-soal KSI dan OSK tahun lalu. Karena soal olimpiade bersifat Computer Based Test (CBT), saya memutuskan untuk mengerjakannya di warnet karena terkendala dengan jaringan internet yang tidak stabil,” ungkap mahasiswa semester 2 jurusan Teknik Informatika ini. 

Satrio mengaku sangat bangga bisa memenangkan olimpiade ini.  Apalagi,  menurutnya,  ia berhasil berada di posisi 10 dari total 700 peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi terkenal di Indonesia. 

“Perasaan saya senang dan bangga karena saya bisa mendapat urutan atas dan mendapatkan medali emas. Semoga hal ini bisa memicu teman-teman yang lain untuk tetap berprestasi selama pandemi,” ungkapnya.

Arif Hidayat selaku wakil ketua II bidang kemahasiswaan mengungkapkan turut bangga kepada Satrio atas prestasi yang telah diraihnya. 

“Saya ucapkan selamat kepada Ramadhan Nugroho Satrio Wibowo atas prestasi yang telah dicapainya. Kami bangga bahwa Ramadhan mendapat raihan medali emas dalam Kompetisi Sains Bidang Komputer. Hal ini menunjukkan bahwa para mahasiswa Nusa Mandiri berada pada level bersaing yang tinggi,” ujar Arif Hidayat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler