Southgate Disarankan Pilih Wan-Bissaka di Euro 2020

Southgate memanggil empat bek kanan termasuk Aaron Wan-Bissaka di Euro 2020.

REUTERS/PETER POWELL
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, memanggil Aaron Wan-Bissaka dalam laga kualifikasi Euro 2020.
Rep: Reja Irfa Widodo Red: Gilang Akbar Prambadi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Dalam skuad timnas Inggris teranyar, pelatih Gareth Southgate memanggil tiga pemain yang berposisi asli sebagai bek kanan, termasuk bek Manchester United, Aaron Wan-Bissaka. Namun, di dua laga awal The Three Lions di babak kualifikasi Piala Eropa 2022 zona Eropa, Wan-Bissaka belum juga dipercaya tampil oleh Southgate. 

Southgate memang memiliki opsi pemain yang beragam untuk mengisi posisi bek kanan The Three Lions. Guna menghadapi tiga laga awal penyisihan Grup I kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Southgate memanggil empat bek kanan, yaitu Kyle Walker, Kieran Trippier, Reece James, dan Aaron Wan-Bissaka. 

Namun, dari empat pemain tersebut, hanya Wan-Bissaka yang belum merumput di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Di laga kontra San Marino, tengah pekan lalu, Southgate memberikan kesempatan bek kanan Chelsea, Reece James, sebagai starter di posisi bek kanan dan memasukan Trippier sebagai pemain pengganti. 

Sementara kala membungkam Albania, 2-0, bek kanan The Three Lions diisi oleh Kyle Walker. Bek kanan Manchester City itu pun tampil secara penuh dalam laga yang digelar di kandang Albania di Stadion Arena Kombetare, Tirana, tersebut. 

Skotlandia Menunggu Euro Selama 24 Tahun

Baca Juga


Slovakia Kembali ke Euro 2020 untuk Kedua Kalinya

 

Terkait ketatnya persaingan dalam perebutan posisi bek kanan The Three Lions, striker Watford, Troy Deeney, memberikan saran kepada Southgate. Striker asal Inggris itu justru merekomendasikan Wan-Bissaka untuk bisa dipercaya menempati posisi bek kanan di putaran final Piala Eropa 2020. 

Bahkan, Deeney menyebut, dari segi kualitas permainan, terutama kemampuan bertahan, Wan-Bissaka jauh lebih baik ketimbang James. 

''Ini bukan alasan personal, tapi semata-mata opini. Saya berpikir, James tidak bisa bersaing dengan Wan-Bissaka. Saya rasa, saat tim tersebut sudah memiliki Wan-Bissaka, James tidak perlu lagi dipanggil,'' tutur Deeney kepada TalkSports, Selasa (30/3). 

Striker Gaek Bawa Makedonia Utara Lakoni Debut Euro 2020
Bek Liverpool Batal Penalti, Skotlandia Lolos Euro 2020

Pemain-pemain yang dipanggil Southgate untuk memperkuat timnas Inggris di tiga laga awal kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, akhir bulan ini, dinilai memiliki peluang besar untuk bisa disertakan di putaran final Piala Eropa 2020, Juni-Juli mendatang.

Tiga laga perdana babak kualifikasi Piala Dunia 2022 kerap dianggap audisi terakhir buat para pemain Inggris untuk masuk ke skuad Inggris di putaran final Piala Eropa 2020. 

 

Deeney pun membeberkan alasannya lebih memilih Wan-Bissaka ketimbang James. Wan-Bissaka, tutur Deeney, sudah menjadi pilihan utama di Manchester United, sedangkan James masih sebagai pelapis untuk mengisi posisi bek kanan Chelsea. 

Berdasarkan data statistik, Wan-Bissaka memang lebih banyak tampil sebagai starter di United, ketimbang James di Chelsea. Sementara Wan-Bissaka sebagai starter di 27 laga dari 28 penampilan di pentas Liga Primer Inggris, James hanya 18 kali merumput dari awal laga dari 26 kali menghuni skuad The Blues di pentas Liga Primer Inggris. 

''James tidak selalu menjadi starter bersama Chelsea. Itulah alasan utamanya. Selain itu, dari segi kemampuan bertahan, Wan-Bissaka jauh lebih baik dari James,'' tutur pemain berusia 32 tahun tersebut. 

Selain menjaga sisi kanan pertahanan, Deeney menilai, Wan-Bisaka juga mampu memberikan tekanan kepada pemain sayap lawan. Pun dengan kemampuan mantan bek sayap Crystal Palace itu dalam memenangi duel-duel perebutan bola dengan pemain lawan. 

Deeney pun menyebut, Wan-Bissaka bisa bersaing secara langsung dengan Walker dalam memperebutkan posisi utama di bek kanan The Three Lions di Piala Eropa 2020. 

''Saya mungkin akan memilih antara Wan-Bissaka dan Kyle Walker, karena Wan-Bissaka memiliki kecepatan. Namun, sepertinya saya lebih condong untuk memilih Wan-Bissaka,'' kata Deeney.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler