Jumlah Pasien Menurun, Wisma Atlet akan Tutup Sementara Tower 4 dan 7

Tower 4 dan 7 ini bakal ditutup sementara mulai pekan depan.

Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah pasien Covid-19 saat beraktivitas di RSDC Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta (ilustrasi). umah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta berencana akan menutup sementara tower 4 dan 7. Hal ini dilakukan lantaran terjadinya tren penurunan pasien yang terinfeksi virus corona.
Rep: Flori Sidebang Red: Nidia Zuraya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta berencana akan menutup sementara tower 4 dan 7. Hal ini dilakukan lantaran terjadinya tren penurunan pasien yang terinfeksi virus corona.

Baca Juga


"Tower 4 dan 7 ditutup sementara karena pasiennya sedikit. Kan sebelumnya ada empat tower beroperasi, sekarang yang difungsikan 5 dan 6 ya," kata Koordinator Humas RSDC Wisma Atlet Kemayoran Kolonel dr Mintoro Sumego saat dikonfirmasi, Jumat (18/3/2022).

"Saat ini perkembangan pasien Covid-19 juga sangat menurun sekali. Setiap hari rata-rata penurunan 150 sampai 200 pasien," tambahnya.

Mintoro menyebut, kedua tower itu bakal ditutup sementara mulai pekan depan. Sebab, jelas dia, saat ini masih ada sekitar 450 pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di tower 4 dan 7. Namun, ia mengungkapkan, kedua tower ini tetap disiagakan untuk merawat pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Selain karena terjadi penurunan jumlah pasien, Mintoro menjelaskan, alasan penutupan sementara tower 4 dan 7 lantaran letaknya yang berada di area terluar RSD. Sedangkan letak tower 5 dan 6 dinilai lebih memudahkan petugas kesehatan untuk memantau kesehatan pasien.

"Tower 5 dan 6 ini tempatnya ruang intensive care-nya, sehingga kita tetap akan membuka ya," ungkap dia.

Ia menambahkan, berdasarkan data hingga Kamis (17/3) pukul 20.00 WIB, jumlah pasien Covid-19 yang masih menjalani rawat inap di RSDC Wisma Atlet Kemayoran sebanyak 971 pasien. Jumlah ini terdiri dari 506 pasien pria dan 465 pasien wanita.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler