Olahraga Hanya Akhir Pekan, Apakah Efektif?

Sebagian orang hanya memiliki waktu berolahraga di akhir pekan.

www.freepik.com
Sebagian orang hanya memiliki waktu berolahraga di akhir pekan.
Rep: Adysha Citra Ramadani Red: Nora Azizah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak ahli merekomendasikan orang-orang untuk berolahraga minimal 30 menit per hari sebanyak lima kali per pekan. Namun, sebagian orang mungkin hanya memiliki waktu untuk berolahraga di akhir pekan.

Baca Juga


Menurut studi terbaru, menjadi "weekend warrior" dan hanya berolahraga di akhir pekan tetap bisa memberikan manfaat. Studi ini dipimpin oleh Mauricio dos Santos dari Universidade Federal de Sao Paulo.

Ada sekitar 350 ribu orang dewasa di Amerika Serikat yang terlibat sebagai partisipan dalam studi ini. Para partisipan diminta untuk melaporkan aktivitas fisik yang mereka lakukan dalam keseharian.

Berdasarkan laporan ini, para partisipan dibagi ke dalam tiga kelompok besar berdasarkan frekuensi olahraga mereka. Kelompok pertama adalah partisipan yang tidak aktif secara fisik, kelompok kedua adalah partisipan yang aktif berolahraga tiga kali atau lebih per pekan, dan kelompok ketiga adalah para "weekend warrior" yang hanya berolahraga di akhir pekan sebanyak 1-2 sesi.

Para partisipan lalu dipantau selam sekitar 10 tahun. Dalam kurun waktu pemantauan ini, tercatat ada hampir 22.200 kematian yang terjadi di antara para partisipan. Lebih dari 4.000 kasus disebabkan oleh penyakit kardiovaskular dan sekitar 6.000 kasus disebabkan oleh kanker.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko kematian dini bisa menurun selama orang-orang memenuhi rekomendasi olahraga dalam satu pekan. Yang tak kalah menarik, tim peneliti juga tak menemukan adanya perbedaan signifikan antara kelompok kedua dan kelompok ketiga.

Menurut rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orang dewasa disarankan untuk melakukan latihan fisik berintensitas sedang selama 150-300 menit per pekan. Alternatif lainnya adalah melakukan latihan fisik berintensitas berat selama 75-150 menit per pekan.

Meski begitu, berolahraga rutin sebanyak tiga kali per pekan atau lebih bisa membawa lebih banyak manfaat. Sebagian dari manfaat tersebut adalah meningkatkan suasana hati dan kognisi, meningkatkan metabolisme, serta mengurangi gejala kecemasan. Temuan terbaru ini telah dipublikasikan dalam jurnal JAMA Internal Medicine.

Seperti dilansir New Atlas, Sabtu (23/7/2022), berolahraga rutin tentu sangat direkomendasikan. Namun bila tidak memiliki banyak waktu, berolahraga hanya di akhir pekan pun tidak masalah karena tetap bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler

Prakiraan Cuaca 21 Oktober 2024 Daerah Bekasi dan Sekitarnya | Cerah REPUBLIKA.CO.ID, Bekasi dan sekitarnya akan mengalami cuaca yang pada umumnya cerah sepanjang hari ini. Berikut adalah prakiraan cuaca untuk beberapa kota di provinsi Jawa Barat pada tanggal 21 Oktober 2024. Bekasi Pada pagi hari di Bekasi, cuaca diperkirakan cerah dengan suhu sekitar 29°C. Angin bertiup dari arah utara ke selatan dengan kecepatan 6 m/s dan kelembapan sekitar 63%. Menjelang siang, cuaca masih tetap cerah tanpa perubahan signifikan dalam suhu. Saat sore hari, kondisi cerah berlanjut dengan angin yang perlahan bergeser dari timur ke barat sekitar 3.3 m/s. Kelembapan meningkat menjadi 75% pada malam hari, ketika suhu menurun hingga 27°C, menyisakan langit yang cerah berawan. Kota Bekasi Di Kota Bekasi, cuaca pagi juga cerah dengan suhu 29°C. Angin bertiup dari barat laut ke tenggara pada kecepatan 6.6 m/s, serta kelembapan berada di kisaran 67%. Pada siang hari, cuaca mempertahankan kecerahannya. Sore hari tidak menunjukkan perubahan signifikan dalam cuaca, sementara di malam hari, langit tetap cerah dengan suhu turun menjadi 27°C. Angin berhembus dari arah timur ke barat pada kecepatan 4.1 m/s dengan kelembapan sebesar 75%. ====== Karawang Karawang akan mengalami cuaca cerah pada pagi hari dengan suhu sekitar 29°C. Angin bergerak dari timur laut ke barat daya pada kecepatan 6.3 m/s, dan kelembapan di angka 66%. Memasuki siang, cuaca tetap cerah dan stabil. Pada sore hari, kelembapan udara di Karawang meningkat serta langit mulai berawan menjelang malam. Suhu di malam hari diperkirakan 28°C dengan angin dari tenggara ke barat laut berkecepatan 2.6 m/s dan kelembapan naik hingga 76%. Secara keseluruhan, cuaca di ketiga kota tersebut menunjukkan pola yang cerah dengan sedikit awan di malam hari. Meski demikian, tidak ada indikator hujan atau badai untuk hari ini. Tercatat pada malam hari terdapat peningkatan kelembapan, namun cenderung masih dalam kategori nyaman.