Keajaiban Ibu Kota Ottoman: Edirne, Dari Sejarah Hingga Kecantikan Alamnya

Sejumlah peninggalan Ottoman menarik wisatawan ke Edirne.

triposo.com
Rumah Sakit Bayazid II di Edirne, Turki. Keajaiban Ibu Kota Ottoman: Edirne, Dari Sejarah Hingga Kecantikan Alamnya
Rep: mgrol135 Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, EDIRNE -- Edirne, yang berfungsi sebagai ibu kota Kekaisaran Ottoman hingga penaklukan Istanbul pada 1453, memiliki tekstur sejarah yang sangat penting. Edirne memiliki total sembilan distrik, tetapi juga menarik bagi wisatawan yang berbeda dengan distrik pinggir lautnya.

Baca Juga


Ini adalah kota yang ideal bagi mereka yang ingin melakukan wisata kota gastronomi. Masjid, kompleks, air mancur, dan pemandian yang diwarisi dari Kekaisaran Ottoman menunggu mereka yang ingin mengikuti jejak sejarah.

Masjid Selimiye dengan kemegahannya, Kompleks Sultan Bayezid II, Alun-alun Kırkpınar, perbelanjaan di Toko Selimiye, Stasiun Kereta Karaağaç, Edirne Saraçlar dan Jembatan Meri hanyalah beberapa keindahan bersejarah yang menunggu Anda di Edirne.

Salah satu bangunan bersejarah pertama yang terlintas dalam pikiran ketika Edirne disebutkan tentu saja adalah Masjid Selimiye, yang oleh arsitek Ottoman abad ke-16 Mimar Sinan disebut sebagai karya agungnya.

Mimar Sinan adalah salah satu arsitek terpenting pada periode itu selama Kekaisaran Ottoman. Dia mendefinisikan Masjid Ehzade yang dia bangun di Istanbul sebagai proyek magangnya, Masjid Süleymaniye juga di Istanbul sebagai "manipulasi", dan Masjid Selimiye di Edirne sebagai karya "penguasaan."

Bahkan ketika melihat Masjid Selimiye dari jauh, mungkin untuk melihat bahwa itu benar-benar dibuat dengan sangat baik. Selain keindahan arsitektur masjid yang memiliki empat menara, dekorasi marmer, ubin, kayu, batu, dan mutiara juga sangat menarik.

Detail lain yang sangat menarik tersembunyi di dalam masjid. Motif bunga tulip yang terbalik terlihat pada salah satu pilar di dalam masjid, selalu menarik perhatian pengunjung yang datang ke sini.

Ada juga banyak cerita tentang sosok tulip terbalik yang dibuat Mimar Sinan di dalam masjid. Berikut adalah salah satunya.

Kompleks Bayezid II

Kompleks Bayezid II yang dibangun oleh Sultan Bayezid II pada 1488, tersebar di area yang luas dengan masjid, sekolah kedokteran, dapur umum, rumah sakit, pemandian Turki, dapur, gudang makanan dan bagian lainnya.

Pada saat itu, mahasiswa kedokteran dilatih di sekolah kedokteran kompleks ini dan pasien dirawat di rumah sakit. Di museum, yang saat ini berfungsi sebagai melihat kembali metode yang digunakan pada saat itu, lingkungan di sekolah kedokteran dan rumah sakit digambarkan menggunakan manekin dan mencerminkan periode dengan cara yang sangat realistis. Perawatan macam apa yang diterapkan pada penyakit apa pada waktu itu juga dijelaskan dengan manekin.

Setelah Anda memasuki taman museum dan bergerak sedikit lebih jauh, Anda akan mendengar suara air dan musik. Aspek yang paling mencolok dari museum ini adalah suara yang indah ini. Karena pada waktu itu, selain obat-obatan; air, musik dan wewangian digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Ketika Anda memasuki rumah sakit, suara musik dengan efek air yang menenangkan membuat orang yang mengunjungi menjadi rileks dan paling damai di dunia.  

Di bagian kompleks sekolah kedokteran, Anda dapat melihat instrumen yang digunakan dalam pengobatan pada waktu itu. Dengan cara yang sama, Anda dapat belajar tentang pendidikan kedokteran pada masa itu, yang diceritakan melalui manekin di ruangan yang berbeda. Seluruh museum cukup mengesankan.

Anda dapat melihat banyak bangunan bersejarah dari periode Ottoman di Edirne. Istananya hancur dalam perang, tetapi reruntuhannya masih ada.

Masjid Selimiye di Konya, Turki. Masjid ini merupakan peninggalan Ottoman. - (wikipedia)

 

Masakan tradisional yang lezat

Meskipun Edirne memiliki banyak rasa yang berbeda, masakan yang paling populer adalah hati Edirne. Jangan pernah berpikir untuk kembali dari sini tanpa makan hati Edirne.

Pastikan untuk mencicipi bakso serta hati. Anda dapat memilih marzipan Edirne yang terkenal sebagai hidangan penutup setelah makan malam. Setelah makan hati dan bakso yang lezat, Anda dapat menghilangkan rasa lelah hari itu dengan minum kopi Turki di sebuah kafe dekat Jembatan Meri.

Terletak di Sungai Meri di jalan Karaagac, jembatan ini adalah salah satu contoh jembatan terindah dari periode Ottoman. Itu juga merupakan salah satu simbol Edirne. Ini adalah tempat yang indah di mana Anda dapat mengambil di jembatan di depan Anda dan menyerap matahari dengan kopi Turki berbusa saat matahari terbenam.

Jika Anda mengunjungi Edirne pada Juli, Anda akan beruntung. Karena setiap tahun di bulan Juli, Festival Gulat Minyak Kırkpınar diadakan di Edirne. Gulat, yang telah menjadi olahraga tradisional sejak periode Ottoman, diadakan dalam suasana yang meriah. Jika Anda pergi ke Edirne pada Juli, Anda dapat menonton olahraga tradisional ini dan berpartisipasi dalam perayaannya.

Pada saat yang sama, distrik pesisir Edirne menunggu Anda dengan keindahan alam dan lautnya bagi mereka yang datang di bulan Juli. Pantai Enez, Pantai Yayla, Pantai Erikli, dan Pantai Ibrice memiliki teluk-teluk kecil yang terkenal dengan fitur pembersihannya sendiri karena arus berlawanan. Anda bisa menikmati laut secara maksimal di pantai-pantai ini.

Singkatnya, Edirne adalah alternatif wisata budaya yang hebat di mana Anda dapat menelusuri sejarah, mengunjungi banyak bangunan Ottoman dan memuaskan perut Anda dengan selera yang berbeda.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler