Makanan Penutup Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Berdiet, orang masih bisa menikmati makanan penutup.

Republika/Reiny Dwinanda
Cake (Ilustrasi). Makanan pencuci mulut ideal untuk penurunan berat badan adalah yang rendah karbohidrat dan gula tambahan.
Rep: Shelbi Asrianti Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penurunan berat badan bisa menjadi perjalanan yang sulit bagi para pelaku diet. Namun, itu tidak berarti menyingkirkan makanan favorit dari menu. Seseorang masih bisa menikmati makanan penutup, sambil tetap menjaga berat badan dalam kisaran sehat.

Menurut ahli nutrisi dari Healthspan, Rob Hobson, makanan pencuci mulut ideal untuk penurunan berat badan adalah yang rendah karbohidrat dan gula tambahan. Makanan penutup yang baik mengandung gula alami, dikombinasikan dengan lemak dan protein sehat.

Hobson menyarankan dessert cokelat mousse dengan bluberi. Membuat kudapan itu memakai bubuk kakao akan memberikan "cokelat pekat tanpa gula".

Baca Juga


Bubuk kakao dapat dicampur dengan minyak kelapa, air kelapa, dan alpukat untuk membuat mousse yang enak. Menambahkan bluberi akan meningkatkan manfaat kesehatan hidangan tersebut.

"Menu ini akan mengurangi dampak pada kadar gula darah yang dapat meningkatkan penyimpanan lemak," ujar Hobson, dikutip dari laman Express, Rabu (3/5/2023).

Pengganti es krim sundae
Bagi pelaku diet yang senang es krim sundae, Hobson memberikan alternatif yang sehat. Alih-alih sundae yang berkalori tinggi, para pelaku diet dapat menggantinya dengan pisang beku, dibuat dari pisang yang sangat matang dicampur minyak kelapa. Untuk rasa ekstra, tambahkan kakao mentah atau selai kacang, juga buah beri atau kelapa serut.

Ahli gizi asal London, Inggris, Lily Souter, menyarankan makanan penutup berupa cokelat batangan yang rendah gula. Dia merekomendasikan untuk mencampur kakao mentah, kacang mete, minyak kelapa, bubuk teh hijau matcha, dan oat.

"Ini salah satu makanan penutup terbaik untuk menurunkan berat badan, karena protein dan karbohidrat lepas lambatnya mengenyangkan," kata Souter.

Karbohidrat lepas lambat dapat membantu mempertahankan pelepasan energi dari waktu ke waktu, sehingga seseorang kenyang dalam waktu lama. Selain itu, kakao mentah dapat memuaskan keinginan makan cokelat tanpa harus makan sebatang besar cokelat penuh gula.

Sementara, ahli penurunan berat badan Michael Mosley menganjurkan mengemil cokelat hitam sebagai opsi makanan penutup yang efektif menurukan berat badan. Di situs resmi besutannya, "The Fast 800", menyantapnya sesekali tidak apa-apa.

Mosley juga merekomendasikan buah bluberi dan cranberi, sebab kaya akan antioksidan yang disebut resveratrol. Namun, Mosley menyarankan untuk menjauhi buah-buahan manis seperti mangga, nanas, dan melon, serta makanan penutup dengan gula rafinasi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler