MU Siapkan Rp 186 Miliar untuk Lepas Harry Maguire

Kontrak Harry Maguire masih tersisa dua tahun lagi di MU.

AP Photo/Dave Thompson
Bek Manchester United Harry Maguire (kanan).
Rep: Fitriyanto Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester United (MU) ingin melepas bek Harry Maguire dari skuad mereka karena kontribusinya yang minim plus dapat memberikan ruang untuk kedatangan pemain baru. Untuk memuluskan rencana ini, MU menyiapkan uang hingga 10 juta poundsterling atau sekira Rp 186 miliar agar Maguire hengkang daripada menghabiskan kontraknya yangmasih tersisa dua musim di Old Trafford.

Baca Juga


Bek tengah timnas Inggris tidak mendapat tempat utama dalam skuad MU di bawah asuhan Erik ten Hag. Ia hanya menjadi starter dalam 16 dari 61 pertandingan MU musim ini, hanya delapan di pertandingan Liga Primer. Pelatih asal Belanda itu lebih memilih Lisandro Martinez, Raphael Varane, Victor Lindelof, dan bahkan Luke Shaw ketimbang Maguire untuk mengisi pos bek tengah.

Maguire diperkirakan akan meninggalkan Old Trafford pada bursa transfer mendatang. Namun gajinya yang sebesar 190 ribu poundsterling per pekan bakal menghalangi klub lain untuk meminangnya. Untuk itu, MU bersedia menambal kekurangan gaji yang mungkin diberikan klub lain dengan membayar 10 juta pound.

Maguire dihargai sekitar 30 juta poundsterling atau sekira Rp 558 miliar meskipun telah menandatangani kontrak enam tahun setelah bergabung dari Leicester City pada tahun 2019 dengan harga 80 juta poundsterling saat itu

ESPN menyatakan bahwa Maguire akan mengadakan pembicaraan dengan Ten Hag untuk mendiskusikan masa depannya setelah akhir musim, yang akan ditutup dengan final Piala FA melawan Manchester City pada akhir pekan ini.

Ten Hag telah secara terbuka menyatakan keinginannya agar Maguire bertahan, dengan menekankan bahwa itu adalah keputusan yang harus diambil oleh pemainnya.

Maguire kemungkinan besar ia akan pindah untuk mencari kesempatan bermain di tim utama. Meskipun terpilih dalam skuad Inggris untuk kualifikasi Euro 2024 Inggris melawan Malta dan Makedonia Utara, pelatih the Three Lions Gareth Southgate memperingatkan Maguire pekan lalu bahwa dia berisiko tidak masuk dalam skuad pada masa depan jika dia tidak mendapatkan kesempatan bermain di tim utama.

Maguire bukanlah satu-satunya bek tengah MU yang akan meninggalkan klub. Eric Bailly diperkirakan akan hengkang setelah menghabiskan musim ini sebagai pemain pinjaman di Marseille, sementara kontrak Axel Tuanzebe akan berakhir pada 30 Juni. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler