Ada KTT ASEAN di Jakarta, Catat Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Ini

Rekayasa Lalu lintas dan alih arus 29 Ruas Jalan Selama Kegiatan KTT ASEAN ke-43

ANTARA FOTO/Risa Krisadhi
Petugas membersihkan mobil di pool kendaraan listrik yang akan digunakan selama pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN di Kawasan Gelora Bung Karno Jakarta, Ahad (3/9/2023). Pemerintah menyediakan mobil listrik untuk moda transportasi delegasi negara sahabat dalam KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta.
Rep: Fergi Nadira B Red: Esthi Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Ditlantas Polda Metro Jaya bersama Pemprov DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas selama rangkaian KTT ASEAN di Jakarta. Rekayasa lalu lintas tersebut diberlakukan di 29 ruas jalan yang tersebar di wilayah DKI Jakarta. Karena itu, masyarakat diimbau untuk menghindari ruas yang terkena rekayasa lalu lintas tersebut.

Rekayasa lalu lintas diterapkan di jalan-jalan sekitar lokasi acara (venue) KTT ASEAN. Terdapat 18 hotel para delegasi dan lima venue penyelenggaraan kegiatan, yaitu Istana Negara, Hotel St Regis, Sekretariat ASEAN, Jakarta Convention Center (JCC), dan Taman Plataran GBK.

"Rekayasa Lalu lintas dan alih arus 29 Ruas Jalan Selama Kegiatan KTT ASEAN KE - 43. Diimbau kepada masyarakat agar menghindari ruas-ruas jalan tersebut," kata TMC Polda Metro Jaya di akun resmi X dikutip Republika di Jakarta pada Senin (4/9/223).

Rekayasa lalu lintas dan alih arus selama kegiatan KTT ASEAN sebagai berikut:
1. Jalan Jenderal Sudirman
2. Jalan MH Thamrin
3. Jalan Gatot Subroto
4. Jalan HR Rasuna Said
5. Jalan Imam Bonjol
6. Jalan HOS Cokroaminoto
7. Jalan Galunggung
8. Jalan RM Margono Djojohadikoesoemo
9. Jalan KH Mas Mansyur
10. Jalan Karet Pasar Baru Timur V
11. Jalan Karet Pasar Baru Timur II
12. Jalan Karet Pasar Baru Timur III
13. Jalan Prof Dr Satrio sisi Barat
14. Jalan Kebon Sirih
15. Jalan Wahid Hasyim
16. Jalan Gerbang Pemuda
17. Jalan Pintu Satu Senayan
18. Jalan Asia Afrika
19. Jalan Sisingamangaraja
20. Jalan Pattimura
21. Jalan Trunojoyo
22. Jalan Gunawarman
23. Jalan Majapahit
24. Jalan Ir Juanda
25. Jalan Veteran III
26. Jalan Medan Merdeka Barat
27. Lingkar Mega Kuningan
28. Jalan Lingkar SCBD
29. Jalan Setia Budi Tengah.

Melalui Instagram resmi Dishub Jakarta, @dishubjakarta mencatat langkah rekayasa lalu lintas sepanjang rue lintasan pada 29 ruas jalan tersebut. Yaitu, dengan Buka-Tutup (situasional) di sepanjang Rute Lintasan sat kendaraan delegasi melintas

Penutupan ruas jalan pada segmen Jalan Jenderal Sudirman Dua Arah (Dari Segmen Patung Pemuda sampai dengan Simpang Susun Semanggi) Khusus pada Kegiatan di Hutan Kota Plataran GBK Mulai Pukul 18.00 s.d. Pukul 22.00 WIB. "Layanan Angkutan Umum Transjakarta di sepanjang rute lintasan selama rangkaian acara KTT Ke-43 ASEAN berlaku Normal," kata Dishub Jakarta.

Baca Juga


Ratusan personel dikerahkan untuk lancarkan arus lalu lintas...

Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Selatan mengerahkan 300 personel yang dibagi dalam dua kelompok kerja guna membantu melancarkan arus lalu lintas di sekitar Gedung ASEAN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

“Sudin Jakarta Selatan menurunkan 300 personel yang dibagi menjadi dua shift selama penyelenggaraan KTT ASEAN ini,” kata Pengawas Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan, Nasrullah pada Senin (4/9/2023).

Setiap shift pengamanan dibagi dari pukul 06.00 hingga pukul 14.00 sedangkan shift kedua pukul 14.00 hingga pukul 00.00 WIB. Hal tersebut dilakukan selama kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 yang berlangsung di Jakarta pada 4-7 September 2023.

Pengaturan lalu lintas dilakukan di sejumlah ruas jalan yang dibagi menjadi dua ring yakni, ring dalam meliputi wilayah Mega Kuningan yang menjadi lokasi hotel-hotel delegasi sampai ke daerah Kebayoran baru. Sedangkan ring luar meliputi ruas jalan daerah Mampang hingga ke Kebayoran lama.
 
Sudin Perhubungan Jakarta Selatan tak hanya membantu mengamankan arus lalu lintas di sekitaran gedung ASEAN, tapi juga mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas yang dilewati delegasi yang mengarah dari hotel hingga ke gedung ASEAN.

“Apabila terjadi pengalihan arus dari kepolisian, kita menempatkan anggota di titik-titik pengalihan arus atau jalur alternatif untuk mengantisipasi kepadatan di ring luar," ujar Nasrullah.

Hingga saat ini pantauan arus lalu lintas di sekitar Gedung ASEAN terpantau lancar. Tidak ada kemacetan yang berarti di kawasan tersebut. Pantauan arus lalu lintas di sekitar Gedung ASEAN terus dilakukan oleh kepolisian bersama petugas Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan selama kegiatan pertemuan KTT-ASEAN berlangsung.

Petugas juga mengimbau para pengguna jalan untuk tetap berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler