8 Peristiwa Penting di Bulan Rajab, Salah Satunya Pembebasan Baitul Maqdis

Pada bulan ini, dilarang berperang dan pintu Ka'bah dibuka.

EPA-EFE/MANUEL DE ALMEIDA
Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem.
Rep: Muhyiddin Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Rajab termasuk salah satu bulan yang utama dalam Islam. Di bulan suci ini, banyak umat Islam yang melakukan ibadah dan amal baik. Selain itu, di bulan Rajab ini juga banyak terjadi peristiwa penting dalam sejarah Islam.

Bulan Rajab adalah bulan ke-7 dalam tahun hijriyah yang berarti mulia. Berdasarkan catatan sejarah, bulan Rajab dimuliakan orang Arab dengan menyembelih anak unta pertama dari induknya.

Baca Juga


BACA JUGA: Empat Kapal Perang Asing Kibarkan Merah Putih di Laut Mediterania

Pada bulan ini, dilarang berperang dan pintu Ka'bah dibuka. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW mengenai bulan Rajab, “Bulan Rajab adalah bulan Allah yang besar dan bulan kemuliaan. Di dalam bulan ini, perang dengan orang kafir diharamkan. Rajab adalah bulan Allah, Sya'ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan umatku."

Berdasarkan keterangan dalam buku Mengenal Nama Bulan dalam Kalender Hijriah terbitan Balai Pustaka dan sumber lainnya, berikut peristiwa-peristiwa bersejarah pada bulan Rajab.

Peristiwa Penting di Bulan Rajab

1. Bulan Kelahiran Ali bin Abi Thalib

Khalifah keempat dalam sejarah Islam, Ali bin Thalib lahir pada bulan Rajab, tepatnya pada 13 Rajab 23 SH atau bertepatan dengan tahun 599 Masehi. Ini adalah 32 tahun setelah kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Selanjutnya...

2. Wafatnya Tabib Muslim Terkemuka

Ahli flora dan tabib terkemuka muslim, Rasyidudin Shuwari meninggal dunia pada 1 Rajab 639 Hijriah. Pada masa mudanya, dia melakukan perjalanan ke berbagai tempat dalam rangka mencari ilmu. Dia sangat menitikberatkan perhatian terhadap penelitian tanaman obat, dan hal ini yang menjadi keistimewaan dari Shuwari. Banyak peneliti yang menyatakan Shuwari adalah peletak dasar keilmuan tanaman obat.

3. Nabi Muhammad dalam Kandungan

Siti Aminah mulai mengandung janin Nabi Muhammad pada bulan Rajab. Setelah mengandung selama sembilan bulan, pada bulan Rabi’ul Awal Sayyidah Aminah melahirkan. Kelahirannya Nabi paling agung ini merupakan rahmat yang Allah hadiahkan kepada alam semesta.

4. Peristiwa Isra' Mi'raj

Pada 27 Rajab, terjadi peristiwa Isra’ dan Mi’raj, salah satu mukjizat terbesar yang Allah anugerahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW. Peristiwa bersejarah ini merupakan perjalanan di mana Nabi Muhammad SAW menerima perintah sholat lima waktu, yang kini menjadi ibadah wajib umat Islam.

5. Perang Tabuk

Perang Tabuk juga terjadi pada bulan Rajab, tepatnya pada hari kesepuluh bulan Rajab tahun 9 H atau sekitar bulan September-Oktober 630 M. Perang Tabuk menjadi perang terakhir yang diikuti oleh Nabi Muhammad SAW.

Peristiwa Perang Tabuk...

Peristiwa Perang Tabuk terjadi di sebuah kota yang terletak di antara lembah al-Qura dan Syam, jarak antara Tabuk dan Madinah mencapai 778 kilo meter. Saat itu, kaum Muslimin berperang melawan pasukan dari kaum Romawi

6. Wafatnya Imam Syafi'i

Salah satu dari empat Imam Sunni dan pendiri Mazhab Syafi'i, yaitu Imam Syafi'i menghembuskan nafas terakhirnya pada malam Jumat terakhir bulan Rajab tahun 204 H dalam usia 54 tahun. Beliau dimakamkan di Mesir.  

7. Wafatnya Khalifah Umar bin Abdul Aziz

Khalifah Umar bin Absul Aziz meninggal dunia dalam usia 39 tahun pada 20 Rajab tahun 101 H. Dalam buku "Biografi Umar bin Abdul Aziz Khilafah Pembaru dari Bani Umayyah", Ali Muhammad Ash-Shallabi menjelaskan, Khalifah Umar bin Abdul Aziz wafat pada hari Jumat di kediaman Sam'ah, wilayah Ma'rah, di negeri Syam.

8. Pembebasan Baitul Maqdis

Pendiri sebuah dinasti Sunni di Mesir dan sekaligus pahlawan Islam dalam Perang Salib, Sultan Salahuddin Al-Ayyubi berhasil membebaskan Baitul Maqdis, Palestina pada 27 Rajab 583 Hijriyah. Sultan Salahuddin Al Ayyubi berhasil membebaskan Baitul Maqdis dengan menyatukan barisan kaum Muslimin yang berada di selatan (Mesir) dan Utara (Syam) di bawah satu kepemimpinan Dinasti Ayyubiyah.

Peristiwa bulan Rajab dalam infografis...

Infografis Lima Peristiwa Besar di Bulan Rajab - (Republika.co.id)

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler