Hari Jadi Kota Semarang, 477 Porsi Nasi Goreng akan Dibagikan Saat Agenda SIM

Wali Kota Semarang akan memasak nasi goreng bersama Bobon Santoso. 

Bowo Pribadi
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu.
Rep: Antara Red: Irfan Fitrat

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG — Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Jawa Tengah, akan menggelar agenda Semarang Introducing Market (SIM) 2024, yang merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-477 Kota Semarang. Selain bazar produk UMKM, akan ada kegiatan memasak nasi goreng porsi besar.

Baca Juga


Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop UMKM) Kota Semarang Wing Wiyarso mengatakan, agenda SIM 2024 akan digelar di Lapangan Simpang Lima mulai Jumat (3/5/2024). Menurut dia, SIM merupakan agenda tahunan Dinkop UMKM Kota Semarang untuk mempromosikan berbagai produk unggulan koperasi dan UMKM.

Wing mengatakan, agenda SIM kali ini akan dimeriahkan lomba memasak dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Semarang, serta masak bersama Wali Kota Semarang dan Bobon Santoso. “Ibu Wali Kota Hevearita Gunaryanti Rahayu bersama chef Bobon Santoso akan melakukan masak besar dengan menu nasi goreng Semarang,” ujar Wing.

Wing mengatakan, masakan nasi goreng itu akan dibagikan kepada masyarakat secara gratis. “Rencananya ada 477 porsi yang akan kami bagikan di Hari Jadi Kota Semarang ini, sesuai dengan usia Kota Semarang saat ini,” kata dia.

Agenda SIM 2024 akan digelar hingga 5 Mei. Menurut Wing, kegiatan SIM akan dimeriahkan berbagai UMKM dari komunitas ekonomi kreatif dan kecamatan di Kota Semarang. “Kami menyiapkan 75 tenant UMKM agar mereka bisa berjualan dan mengenalkan produknya. Tentunya, mereka sudah memiliki izin dan ada yang masih dalam proses perizinan,” kata dia.

Wing mengatakan, agenda SIM ini diharapkan juga bisa memperluas jangkauan pasar dan kemitraan pelaku UMKM. “SIM ini digelar untuk menggerakkan para pelaku UMKM agar mereka semakin semangat berjualan, terutama bisa naik kelas. Harapannya mereka bisa membuat produk yang berkualitas, dengan harga kompetitif dan dengan packaging yang bagus,” ujar dia.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler