Perdana, Rudal Yaman Tembus Tel Aviv

Pertahanan udara Israel gagal cegat rudal dari Yaman.

AP
Pendukung Houthi menghadiri unjuk rasa menentang perang Israel di Jalur Gaza dan pemboman pimpinan AS di Yaman di Sanaa pada Jumat, 7 Juni 2024.
Red: Fitriyan Zamzami

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Militer Israel mengatakan pada Ahad bahwa rudal permukaan-ke-permukaan ditembakkan ke Israel tengah dari Yaman dan mendarat di daerah tak berpenghuni dekat Tel Aviv. 

Baca Juga


Pihak militer menjelaskan, rudal tersebut menempuh jarak sekitar dua ribu kilometer, membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk terbang, dan menembus wilayah udara dari perbatasan timur.

Beberapa saat sebelumnya, sirene berbunyi di Tel Aviv dan Israel tengah, membuat warga bergegas mencari perlindungan. Layanan ambulans Israel mengatakan bahwa sembilan warga Israel terluka saat bergegas ke tempat perlindungan setelah menghadapi rudal yang diluncurkan dari Yaman.

Polisi Israel mengatakan roket tersebut jatuh di kota Kfar Daniel, dekat Bandara Ben Gurion, dan menambahkan bahwa roket tersebut menyebabkan kebakaran di kawasan hutan dan kerusakan material pada stasiun kereta api utama di dekat kota Modiin.

Channel 12 Israel melaporkan bahwa pertahanan udara gagal mencegat rudal dari Yaman yang jatuh di daerah tak berpenghuni dekat bandara di Israel tengah.

Tentara Israel mengatakan bahwa angkatan udara sedang menyelidiki alasan keterlambatan dalam mendeteksi dan mencegat rudal yang diluncurkan dari Yaman.

Wakil kepala otoritas media Houthi mengatakan bahwa pertahanan udara Israel gagal dan rudal Yaman telah tiba, dan mencatat bahwa "kedalaman musuh telah sepenuhnya terekspos oleh angkatan bersenjata Yaman."

Tentara Israel sebelumnya mengumumkan bahwa sistem pertahanan udara Arrow 3 mencegat rudal permukaan-ke-permukaan yang diluncurkan dari Yaman menuju Eilat, dengan mengatakan bahwa rudal tersebut tidak memasuki wilayah udara Israel.

Juli lalu, seorang Israel tewas dan 10 lainnya terluka ketika sebuah drone jatuh di pusat Tel Aviv, ratusan meter dari kedutaan AS, dan kelompok Houthi Yaman mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Dalam “solidaritas dengan Gaza”, yang telah menghadapi perang Israel yang menghancurkan sejak 7 Oktober 2023, Houthi menargetkan kapal kargo Israel atau yang terkait dengan Israel di Laut Merah dan Laut Arab dengan rudal dan drone.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler