Apa Kata Dunia Soal Gempuran Serangan Udara Israel Terhadap Lebanon?

Serangan udara Israel menewaskan sedikitnya 558 orang.

AP Photo/Mohammed Zaatari
Orang-orang dengan menggunakan kendaraan terjebak kemacetan ketika hendak melarikan diri dari dari serangan usara Israel di jalan raya penghubung kota Beirut, di selatan kota pelabuhan Sidon, Lebanon, Selasa (24/9/2024).
Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah Israel melancarkan serangan udara yang menghancurkan di Lebanon pada Senin (23/9/2024), sebagian besar dunia bereaksi dengan memperingatkan kemungkinan perang habis-habisan antara Tel Aviv dan Hizbullah.

Serangan udara tersebut menewaskan sedikitnya 558 orang, termasuk 35 anak-anak. The New Arab, Selasa (24/9/2024), mengulas berbagai reaksi terhadap eskalasi berbahaya Israel terhadap Lebanon dari seluruh dunia.

Mesir

Pada Senin, Kementerian Luar Negeri Mesir merilis pernyataan resmi yang mengutuk eskalasi berbahaya Israel di Lebanon dan menyesalkan hilangnya nyawa yang tidak bersalah.

Mesir selanjutnya menyatakan solidaritas sepenuh hati dengan rakyat Lebanon dan menegaskan kembali penolakan kerasnya terhadap pelanggaran kedaulatan dan wilayah Lebanon.

Selain itu, negara berbahasa Arab terbesar itu mendesak Dewan Keamanan PBB segera campur tangan guna menghentikan eskalasi Israel di wilayah tersebut yang mengancam nasib rakyatnya dan prospek perdamaian.

Turki

Turki mengutuk serangan Israel terhadap Lebanon sebagai upaya menyeret kawasan tersebut ke dalam kekacauan. Turki menyerukan tindakan internasional terhadap Israel dan diakhirinya dukungan militer dan diplomatik bagi negara tersebut.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Senin malam, Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan negara-negara yang mendukung Israel tanpa syarat membantu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menumpahkan darah demi kepentingan politiknya.

"Sangat penting bagi semua lembaga yang bertanggung jawab untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional, terutama Dewan Keamanan PBB, serta masyarakat internasional, untuk mengambil tindakan yang diperlukan tanpa penundaan," pernyataan itu menambahkan.

Yordania

Ratusan warga Yordania berpartisipasi dalam unjuk rasa massal di dekat kedutaan besar Israel di Amman, untuk mendukung orang-orang di Gaza dan mengutuk agresi Israel terhadap warga sipil di Lebanon.

Para pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan yang mendukung perlawanan di Gaza dan Lebanon, serta menyerukan Yordania, dan semua negara Arab, untuk segera menangguhkan perjanjian damai dan normalisasi dengan Israel.

Para pengunjuk rasa juga mengecam AS atas dukungannya yang tak terbatas bagi Israel.

Baca Juga


Halaman selanjutnya ➡️


UEA

UEA menyatakan keprihatinan mendalam atas serangan Israel terhadap Lebanon. UEA menyerukan upaya internasional terpadu untuk menghentikan pertempuran dan mencegah pertumpahan darah. Negara tersebut menekankan perlunya menyelesaikan perbedaan melalui cara diplomatik.

Kementerian Luar Negeri UEA mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Abu Dhabi menyatakan keprihatinan mendalamnya atas eskalasi yang terus berlanjut dan dampaknya terhadap keamanan dan stabilitas di kawasan tersebut.

Orang-orang dengan menggunakan kendaraan terjebak kemacetan ketika hendak melarikan diri dari dari serangan usara Israel di jalan raya penghubung kota Beirut, di selatan kota pelabuhan Sidon, Lebanon, Selasa (24/9/2024). - (AP Photo/Mohammed Zaatari)



Pernyataan tersebut selanjutnya menyerukan perlunya upaya internasional terpadu untuk menghentikan pertempuran guna mencegah pertumpahan darah, dan agar warga sipil menikmati perlindungan penuh berdasarkan hukum internasional dan perjanjian internasional.

Arab Saudi

Kerajaan tersebut mengatakan mereka mengikuti perkembangan di Lebanon dengan keprihatinan besar, dan menegaskan kembali peringatannya tentang bahaya meluasnya kekerasan di kawasan tersebut.

Kementerian Luar Negeri Saudi mengatakan dalam akunnya pada Senin malam bahwa pihaknya mengikuti dengan penuh perhatian perkembangan peristiwa keamanan yang terjadi di wilayah Lebanon. Saudi memperbarui peringatannya tentang bahaya meluasnya kekerasan di wilayah tersebut.

Saudi juga mendesak semua pihak untuk menahan diri sepenuhnya dan menjauhkan wilayah dan rakyatnya dari bahaya perang.

Qatar

Qatar mengutuk dengan kata-kata yang paling keras agresi Israel terhadap Lebanon, memperingatkan tentang meluasnya lingkaran kekerasan di wilayah tersebut dan tergelincirnya ke dalam perang regional yang komprehensif mengingat perang Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza.

Kementerian Luar Negeri Qatar mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin bahwa eskalasi yang berkelanjutan terutama disebabkan oleh tidak adanya pencegah terhadap tindakan Israel, pelanggaran hukum internasional yang terus berulang, dan impunitasnya yang berkelanjutan.

Ia juga memperingatkan kenyataan ini memperburuk krisis, menempatkan wilayah tersebut di ambang jurang, dan memaparkannya pada lebih banyak ketegangan yang akan berdampak besar pada tingkat regional dan internasional.

Halaman selanjutnya ➡️



Iran

Meskipun Hizbullah merupakan sekutu utama Teheran, negara itu relatif bungkam mengenai serangan Israel terhadap Lebanon. Namun, pada Senin, Menteri Luar Negeri Abbas Araqchi membantah Presiden Massoud Pezeshkian telah mengatakan, selama kunjungannya saat ini ke New York, bahwa Teheran bersedia mengurangi ketegangan dengan Israel.

"Tuan Pezeshkian tidak pernah membuat pernyataan seperti itu", klaim Araqchi.

Bloomberg mengutip pernyataan Pezeshkian sebelumnya pada hari itu bahwa Iran bersedia mengesampingkan semua senjata selama Israel bersedia melakukan hal yang sama. Namun, Pezeshkian mengatakan kepada CNN bahwa dunia tidak boleh membiarkan Lebanon menjadi Gaza lainnya.

Orang-orang dengan menggunakan kendaraan terjebak kemacetan ketika hendak melarikan diri dari dari serangan usara Israel di jalan raya penghubung kota Beirut, di selatan kota pelabuhan Sidon, Lebanon, Selasa (24/9/2024). - (AP Photo/Mohammed Zaatari)



Amerika Serikat

Amerika Serikat menyampaikan gagasan konkret untuk meredakan krisis di Lebanon, kata seorang pejabat AS pada hari Senin, sambil menyuarakan penentangan terhadap invasi darat Israel untuk menargetkan Hizbullah.

"Kami memiliki beberapa gagasan konkret yang akan kami diskusikan dengan sekutu dan mitra minggu ini untuk mencoba mencari jalan," kata pejabat senior AS saat para pemimpin dunia berkumpul di New York untuk menghadiri Sidang Umum PBB.

Pejabat tersebut, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan Amerika Serikat ingin menemukan jalan keluar yang pertama dan terutama akan mencegah eskalasi lebih lanjut dalam pertempuran.

Ia menyuarakan harapan bahwa usulan AS akan mengurangi ketegangan dan akan beralih ke proses diplomatik yang memungkinkan masyarakat di kedua sisi perbatasan untuk kembali ke rumah dengan aman dalam waktu dekat.

Pejabat tersebut menolak untuk menjelaskan ide-ide konkret secara rinci tetapi mengatakan Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan pejabat senior AS lainnya akan membahasnya selama pertemuannya di Sidang Umum.

Uni Eropa

Kepala urusan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan bentrokan yang meningkat antara Israel dan Hizbullah Lebanon yang didukung Iran mengancam akan menjerumuskan Timur Tengah ke dalam perang habis-habisan.

"Saya dapat mengatakan kita hampir berada dalam perang penuh," kata Borrell menjelang pertemuan para pemimpin dunia di Perserikatan Bangsa-Bangsa.

"Kita melihat lebih banyak serangan militer, lebih banyak kerusakan, lebih banyak kerusakan tambahan, lebih banyak korban."

Inggris

Menteri Luar Negeri Inggris David Lammy mengatakan dia sangat khawatir dengan roket dan serangan udara di Lebanon dan Israel dan korban sipil yang diakibatkannya.

"Eskalasi lebih lanjut berisiko menimbulkan konsekuensi yang lebih dahsyat. Saya ulangi seruan saya untuk gencatan senjata segera di kedua belah pihak, yang akan saya tekankan saat saya bertemu dengan menteri G7 malam ini," tambahnya dalam sebuah posting di X.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler