Iran tak Kunjung Serang Israel untuk Balas Kematian Haniyeh, Mengapa? Ini 6 Penjelasannya

Iran siapkan strategi jitu agar serangan benar-benar berdampak bagi Israel

EPA-EFE/MOHAMMED SABER
Almarhum Ismail Haniyeh dan Yahya Al Sinwar.
Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—  Setelah pembunuhan kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh pada 31 Juli 2024 di sebuah wisma di Teheran milik Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC), kepemimpinan rezim Iran, Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei, bersumpah untuk mengambil tindakan pembalasan yang sangat keras terhadap Israel, di waktu dan tempat yang paling tidak terduga.

Beberapa jam setelah pembunuhan Haniyeh diumumkan, Khamenei berjanji untuk membalasnya, dengan menyatakan:

“Rezim Zionis yang penjahat dan teroris telah mengubah tamu kami yang terhormat menjadi martir di rumah kami, sehingga menyebabkan kesedihan yang mendalam bagi kami. Namun rezim ini juga telah mempersiapkan landasan untuk hukuman yang keras untuknya... Sejauh yang kami ketahui, adalah kewajiban kami untuk membalas peristiwa yang menyakitkan dan pahit ini, yang terjadi di dalam perbatasan Republik Islam."

Pada 1 Agustus 2024, sehari setelah pembunuhan Haniyeh, sebuah spanduk digantung di Alun-Alun Teheran dengan gambarnya dengan latar belakang Kubah Batu di Yerusalem, dengan janji Khamenei dalam bahasa Ibrani: “Tunggu hukuman yang keras” (Sumber: Mehr News, Iran, 1 Agustus 2024) 

Seiring berlalunya waktu dan pembalasan yang dijanjikan tidak kunjung tiba, para pejabat rezim terpaksa menjelaskan penundaan tersebut dengan berbagai pembenaran.

Pertama, mereka mengisyaratkan tanggapan langsung dalam bentuk rudal dan drone, mirip dengan tanggapan Iran pada 14 April terhadap pembunuhan pejabat Pasukan Qods IRGC di kompleks konsulat Iran di Damaskus, Suriah.

Beberapa hari setelah pembunuhan tersebut, menjadi jelas bahwa Iran dihalangi oleh Israel dan takut akan tanggapan keras Israel yang dapat mengganggu kestabilan rezim atau memulai perang regional yang tidak diinginkannya, dan itu akan membahayakan asetnya, yaitu proksi-proksi mereka, di wilayah tersebut. 

Kini, setelah beberapa pekan berlalu, pernyataan-pernyataan para pemimpin Iran secara miring merujuk pada sebuah respons yang kuat, tanpa membuat komitmen bahwa respons tersebut akan melibatkan operasi militer Iran secara langsung terhadap Israel, dan tanpa berkomitmen pada jangka waktu tertentu.

Tampaknya rezim Iran, yang dikenal dengan pragmatismenya, berusaha untuk menentukan harga dengan cara lain, baik dengan mendanai dan/atau mengarahkan serangan teror di dalam Israel dan wilayahnya dengan menggunakan elemen-elemen Palestina dan elemen-elemen lain yang mengirim, memandu, atau mendanai  seperti bom bunuh diri Tel Aviv yang gagal pada Agustus dan serangan-serangan baru-baru ini di Tepi Barat atau dengan mengaitkan pembunuhan tersebut dengan keuntungan politik, misalnya, di bidang nuklir, dengan pengakuan Amerika Serikat terhadap Iran sebagai negara nuklir dengan senjata berbasis bahan tersebut.

Laporan ini akan mengulas berbagai penjelasan dan pembenaran yang diberikan oleh para pejabat rezim Iran atas penundaan respons Iran terhadap pembunuhan Haniyeh.

Pertama, perlunya strategi Iran yang diperhitungkan. Menurut rezim, penundaan itu bukan karena kelemahan melainkan karena kebutuhan untuk merencanakan respons yang tepat dan dipertimbangkan dengan baik, untuk dieksekusi pada waktu yang tepat dan sesuai secara strategis.

Sementara itu, ada kebutuhan untuk mengumpulkan “informasi dan bukti yang akurat” untuk memastikan bahwa respons ini akan memiliki legitimasi internasional dan konsisten dengan kenyataan di lapangan.

Baca Juga


BACA JUGA: Saat Hizbullah Dihajar Habis-habisan, ke Mana Iran dan Balas Dendamnya yang Dinantikan?

Para pejabat Iran mengatakan bahwa Iran telah memeriksa semua kemungkinan konsekuensi dari operasi tersebut dan akan bertindak dengan cara yang diperhitungkan yang akan mengarah pada hasil yang luas.

Pada 21 Agustus 2024, Mohsen Rezai, anggota Dewan Kemanfaatan rezim Iran dan mantan kepala IRGC, mengatakan bahwa tanggapan Iran terhadap Israel “tidak dapat dihindari.”

Mengenai bagaimana...

 

Mengenai bagaimana Iran berniat mencegah perang regional yang lebih luas saat merespons Israel, Rezai mengatakan kepada CNN dalam sebuah wawancara di Teheran bahwa “tindakan Iran akan menjadi tindakan yang sangat diperhitungkan,” dan bahwa “kami telah menyelidiki kemungkinan dampaknya. Dan kami tidak akan membiarkan [Perdana Menteri Israel Benjamin] Netanyahu, yang sedang tenggelam dalam rawa, menyelamatkan dirinya sendiri.”

“Tanggapan Iran terhadap Israel tidak bisa dihindari. Kami akan memilih waktu dan tempat yang tepat, dan menurut Pasal 51 Piagam PBB, kami memiliki hak untuk membela diri. Jika kami tidak menanggapi, kejahatan rezim Zionis akan terus berlanjut. Respons akan datang dan musuh akan menyesali tindakannya.”

Ketika ditanya apa strategi Iran untuk melakukan serangan yang kuat dan jera tanpa menyeret kawasan itu ke dalam perang berskala penuh, Rezai menjawab, “Masalah ini akan menjadi jelas setelah operasi dilakukan... Tujuan utamanya adalah mencapai gencatan senjata dan mengakhiri pertumpahan darah dan kejahatan rezim Israel.”

Sebuah artikel yang diposting oleh saluran Telegram IRGC pada 17 Agustus 2024 mengklarifikasi bahwa penundaan respons Iran terutama berasal dari kebutuhan untuk mengumpulkan informasi intelijen dan bukti dengan hati-hati untuk memastikan bahwa respons tersebut memiliki legitimasi internasional dan sesuai dengan situasi di lapangan.

Selain itu, mereka juga mengklaim bahwa Teheran mengambil pendekatan yang hati-hati dan penuh perhitungan, melakukan penilaian regional, dan mempertimbangkan dukungan yang diberikan kepada Israel oleh negara-negara Arab dan Barat. Lebih lanjut dikatakan bahwa tindakan militer akan diambil, yang secara signifikan akan mempengaruhi Israel dan keseimbangan kekuatan di Timur Tengah.

Artikel tersebut menekankan bahwa elemen kejutan sangat penting untuk memastikan serangan yang mendalam dan signifikan terhadap Israel. Penundaan respons dimaksudkan untuk menimbulkan kebingungan dan ketakutan di dalam diri musuh dan merusak moral Israel. “[...] Alasan utama penundaan respons Iran adalah karena Iran perlu memeriksa dengan cermat semua detail dan faktor yang mengarah pada operasi, untuk memastikan bahwa respons tersebut didasarkan pada bukti yang meyakinkan dan dapat diandalkan.

Mereka harus memastikan bahwa setiap tindakan yang diambil sesuai dengan situasi di lapangan dan memiliki legitimasi internasional. Selama fase pertama, penting untuk mengumpulkan semua informasi yang diperlukan untuk membentuk respons yang tepat yang akan bertahan terhadap umpan balik hukum, dan bukan hanya militer.

“Pada tahap kedua, angkatan bersenjata Iran harus menyesuaikan rencana militer mereka dengan realitas di wilayah tersebut, dan mempertimbangkan dampak dari negara-negara Arab dan Barat yang mendukung Israel. Mereka merencanakan manuver militer yang paling tepat dengan tujuan melukai Israel dengan cara yang akan menyebabkan pergeseran signifikan dalam keseimbangan kekuatan di wilayah tersebut. Perencanaan semacam itu memerlukan penilaian risiko dan mempersiapkan rencana cadangan untuk respons yang lebih luas jika terjadi konfrontasi regional.“

Iran juga menekankan pentingnya elemen kejutan dalam memastikan kerusakan yang signifikan terhadap musuh. Dengan adanya ekspektasi bahwa Iran akan segera merespons, menunda respons akan menciptakan kejutan militer yang akan sangat mempengaruhi Israel. Ketegangan dan persiapan di Israel, yang didorong oleh ketakutan akan respons Iran, juga melayani tujuan Iran dengan merusak moral Israel dan menanamkan rasa takut di antara para pemukim [yaitu orang Israel].”

Tiga pekan setelah Haniyeh terbunuh, dalam sebuah wawancara pada 20 Agustus dengan Nour News, yang berafiliasi dengan Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran, Mantan Wakil Menteri Luar Negeri Urusan Arab dan Afrika, Hossein Jabari Ansari, menegaskan bahwa tanggapan Iran terhadap pembunuhan Haniyeh akan diperhitungkan dan didasarkan pada logika strategis [dan pengalaman] yang telah kami kumpulkan selama bertahun-tahun.”

Dia menambahkan, “tanggapan tersebut tidak akan cepat atau gegabah, tetapi akan dilakukan setelah melalui pertimbangan dan koordinasi yang mendalam oleh semua pihak yang terlibat.” 

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa tanggapan itu mungkin bersifat multdimensi, dan memerlukan langkah-langkah militer, keamanan, politik, dan diplomatik, untuk mencapai penangkalan maksimum.

Pada 15 Agustus 2024, juru bicara rezim Kayhan mencatat bahwa tanggapan Iran atas pembunuhan Haniyeh tertunda karena Iran sedang merencanakan langkah besar, menambahkan bahwa efek psikologis yang disebabkan oleh penundaan tersebut juga signifikan.

BACA JUGA: Israel Tebar Selebaran Berbahasa Arab untuk Warga Lebanon, Begini Isinya

“[...] Setiap perang militer disertai dengan perang psikologis dan propaganda yang bertujuan untuk mengubah persepsi musuh. Iran memahami pentingnya pengaruh media, dan oleh karena itu dengan hati-hati mempertimbangkan langkahnya untuk memastikan bahwa responsnya memengaruhi opini publik dengan cara yang paling efektif. Israel telah mempertahankan kebijakan pembunuhan yang ditargetkan selama bertahun-tahun, dan Iran memahami bahwa tanggapannya harus substansial dan cukup diperhitungkan untuk menghentikan kebijakan ini dan mengirim pesan bahwa mereka memiliki sikap yang kuat terhadap Israel.“

Semakin besar dan signifikan respons yang direncanakan, semakin banyak waktu yang dibutuhkan untuk mempertimbangkan setiap aspeknya. Keterlambatan dalam menanggapi adalah bukti bahwa Iran sedang merencanakan langkah signifikan yang membutuhkan persiapan yang komprehensif. Israel dan sekutunya sedang melancarkan perang psikologis untuk melemahkan tekad Iran.

Iran memahami responsnya...

Iran memahami bahwa responsnya harus ditanggapi dengan serius, dan tidak berada di bawah tekanan psikologis dari musuh-musuhnya. Alasan penundaan respons bisa jadi karena rencana balas dendam itu memiliki cakupan yang luas.

Pada 8 September 2024, berbicara pada kongres nasional untuk menghormati 2.000 martir Provinsi Kohgiluyeh dan Boyer-Ahmad, Panglima Tertinggi IRGC Jenderal Hossein Salami mengancam akan melakukan pembalasan dendam yang berbeda dan lebih pahit terhadap Israel atas perbuatannya. 

Salami menyatakan bahwa Israel akan mendapat pelajaran dan bahwa mereka mempermainkan kekuatan yang lebih besar dari dirinya sendiri, menekankan bahwa musuh tidak akan dapat melarikan diri dari hukuman atas tindakan mereka. Dia berkata, “Kami pasti akan menanamkan rasa pahit balas dendam atas perbuatan jahat Israel, sehingga mereka belajar untuk tidak bermain-main dengan ekor singa [yaitu Iran]. Musuh menunggu pembalasan yang akan datang kapan saja, dan akan merasakan rasa pahitnya pada akhirnya. Kapan. Di mana. Dan bagaimana. Teka-teki ini akan terungkap seiring berjalannya waktu, tetapi kami pasti akan bertindak dengan cara yang berbeda. Musuh-musuh tidak boleh berpikir bahwa mereka dapat menyerang dan melarikan diri. Mereka mungkin menyerang, tetapi mereka tidak akan dapat melarikan diri, dan mereka akan belajar pelajaran untuk tidak pernah lagi bermain-main dengan ekor singa. Israel dan musuh-musuh Islam berada dalam kondisi kekalahan yang semakin besar. Pertarungan telah berpindah ke wilayah Israel sendiri, yang membuktikan betapa dalamnya krisis internal musuh. Israel terus-menerus takut akan pembalasan Iran atas tindakannya, dan ketakutan ini membuatnya berada di bawah tekanan yang tak henti-hentinya.”  

Berbicara di sebuah acara di Isfahan pada 7 September, Mohammad Reza Naqdi, Wakil Komandan Koordinasi IRGC, mengatakan bahwa pembalasan dendam atas pembunuhan Haniyeh tidak dapat dihindari dan akan datang pada waktu yang tepat untuk memaksimalkan dampaknya.

Dia mengatakan bahwa persiapan sedang dilakukan untuk sebuah operasi yang akan memulihkan keadilan atas insiden tersebut, tetapi dia menekankan pentingnya waktu. Seperti yang telah dinyatakan berkali-kali, balas dendam itu pasti dan tidak ada keraguan tentang hal itu, tetapi harus dilakukan pada waktu yang tepat agar efektif.

“Kepada teman-teman di Isfahan yang bertanya: 'Apa yang harus kita lakukan untuk mempersiapkan operasi ini', saya menjawab: “Siapkan beberapa gaz [penganan yang berasal dari Isfahan] dan permen Pada tanggal 27 Agustus, pada perayaan Hari Industri Keamanan di Teheran, Wakil Menteri Pertahanan Hojjatollah Qureishi mengatakan bahwa pukulan yang akan dilancarkan Iran ke Israel tidak dapat diprediksi. Dia menekankan bahwa Israel tetap dalam keadaan panik dan stres yang terus-menerus sementara Iran memutuskan kapan dan bagaimana untuk menyerang.”  

Dia mengatakan, “Saat ini, rezim Zionis harus tetap berada dalam kondisi kecemasan dan ketakutan psikologis yang konstan karena tanggal pembalasan tidak diketahui. Namun yang jelas, respon kami tidak dapat diprediksi, dan itu akan datang pada waktu dan dengan cara yang kami putuskan.”  

Pada 4 September 2024, dalam sebuah upacara memperingati para martir di Provinsi Komala, Ali Abdollahi, wakil koordinasi Staf Umum Angkatan Bersenjata Iran, mengatakan bahwa Iran akan merespons dengan keras pembunuhan Haniyeh oleh Israel. Kapan hal itu akan dilakukan belum diketahui, jelasnya, namun ia menekankan bahwa Israel tidak akan luput dari respons.

Dia mengatakan, “Iran akan menanggapi dengan keras terhadap musuh setelah pembunuhan tamu Iran, Ismail Haniyeh. Waktu respons tersebut tidak diketahui, tetapi Israel tidak dapat bermimpi bahwa Iran tidak akan menanggapi kejahatan ini. Israel akan membawa mimpi itu ke liang lahat."

Pada upacara pergantian komando pada 25 Agustus 2024, Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran Mohammad Bagheri mengatakan bahwa pembalasan dendam atas pembunuhan Haniyeh akan datang dari Iran dan poros perlawanan.

Dia mengatakan bahwa Iran tidak akan jatuh ke dalam perangkap media musuh dan bahwa Iran akan memutuskan sendiri kapan hal ini akan terjadi.  “Pembalasan dendam Iran dan poros perlawanan atas darah syuhada Ismail Haniyeh sudah pasti. Iran tidak akan jatuh ke dalam jebakan media musuh, dan kitalah yang akan memutuskan kapan dan bagaimana hal itu akan terjadi. Poros perlawanan akan beroperasi secara independen, seperti yang telah kita lihat dalam operasi-operasi mereka baru-baru ini."

Dalam sebuah pidato pada 28 Agustus di sebuah upacara pergantian komando untuk wakilnya, Bagheri mengatakan bahwa Iran akan merespons dengan cara yang diperhitungkan terhadap kejahatan Israel.

“Kami pasti akan merespons dengan cara yang diperhitungkan terhadap kejahatan Israel. Tanggung jawab kami saat ini adalah yang paling sensitif, dan tidak ada ruang untuk gangguan.

Kedua, pernyataan Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei pada 14 Agustus di Kongres Nasional Martir Kohgiluyeh dan Provinsi Boyer Ahmad telah ditafsirkan sebagai sebuah retret taktis Iran. Khamenei mengatakan, “Menurut tafsir Alquran, mundur secara non-taktis, di bidang apa pun, baik di bidang militer maupun di bidang politik, propaganda, dan ekonomi, akan mengakibatkan kemurkaan Allah.” 

Artinya, pembalasan dendam ditunda hingga di kemudian hari, tampaknya sebagai upaya untuk mendapatkan kompensasi di bidang lain. Tampaknya Khamenei mengacu pada pencapaian politik yang signifikan, mungkin terkait program nuklir Iran melalui diskusi dengan Amerika Serikat, yang akan lebih dari sekadar menebus kerusakan langsung yang disebabkan oleh Israel terhadap Iran.

Khamenei mengatakan, “Ketika serangan perang psikologis musuh memasuki medan perang militer, hasilnya adalah ketakutan dan mundur. Alquran mengatakan bahwa mundurnya pasukan seperti itu akan memicu kemurkaan Allah SWT. (QS 8:16]. Jika ketika Anda menghadapi musuh yang menyerang Anda - apakah dia menggunakan pedang atau melakukan serangan media, ekonomi, atau militer dengan alat-alat baru, Anda mundur dengan cara yang tidak taktis (tentu saja, kadang-kadang mundur adalah taktik seperti halnya maju, dan tidak ada yang salah dengan hal itu), maka kecuali jika hal itu merupakan bagian dari strategi, maka Anda akan mendapatkan murka Allah. Begitulah yang terjadi di medan perang militer, dan persis seperti itu di medan politik, hal itu memicu murka Tuhan.”

Ketiga, keinginan Iran untuk menghindari merusak negosiasi gencatan senjata antara Israel dan Palestina, sebagai upaya untuk memposisikan diri sebagai pemimpin dunia Islam dan pembela hak-hak Palestina. Ada anggapan bahwa merusak upaya negosiasi karena respons Iran dapat merusak citra internasional Iran, dan oleh karena itu rezim ini berperilaku lebih hati-hati untuk menyeimbangkan keinginan untuk membalas dendam dengan membela Palestina.

BACA JUGA: Berdoa Agar Allah SWT Membalas Orang yang Menzalimi Kita Boleh, Asalkan…

Pada 21 Agustus 2024, Misi Permanen Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menerbitkan sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa tanggapan Teheran terhadap pembunuhan Haniyeh mungkin terjadi pada waktu dan keadaan yang paling tidak diharapkan oleh Tel Aviv, dan menggarisbawahi bahwa Israel mungkin akan dikejutkan oleh serangan udara dan darat, bahkan ketika mereka merasa sudah siap untuk menghadapi serangan tersebut, tetapi waktu tersebut akan menghindari dampak negatif terhadap negosiasi gencatan senjata Gaza:

“Tanggapan Iran terhadap Israel mungkin akan datang pada waktu dan keadaan yang mungkin paling tidak dipertimbangkan oleh rezim Zionis. Mungkin itu akan datang di lapangan pada saat mata mereka melihat ke langit dan radar, dan mungkin itu akan menjadi kombinasi dari keduanya ... Tanggapan akan tiba dengan cara yang akan menghindari dampak negatif pada negosiasi gencatan senjata di Gaza."

Keempat.. 

Keempat,  salah satu penjelasan yang lebih cerdas dari media Iran adalah bahwa penundaan respons tersebut sebenarnya merupakan bagian dari strategi Iran untuk meningkatkan tekanan psikologis dan tekanan ekonomi di Israel. 

Sebuah artikel yang diterbitkan pada 20 Agustus situs resmi rezim, Kantor Berita Republik Islam (IRNA), menegaskan bahwa Iran telah melakukan pembalasan terhadap Israel tanpa menembakkan satu peluru pun melalui 'strategi ambiguitas', dan tetap ambigu mengenai waktu tanggapan, mengklaim bahwa warga Israel menderita kecemasan dan tekanan psikologis yang konstan, hidup dalam kepanikan terus-menerus untuk mengantisipasi tanggapan Iran.

Menurut artikel tersebut, strategi penundaan yang disengaja ini telah menyebabkan peningkatan permintaan untuk pengobatan psikiatri di kalangan warga Israel, yang berjuang untuk membuat janji dengan psikiater. Pernyataan serupa juga disampaikan oleh Wakil Komandan IRGC, Jenderal Ali Fadavi, yang mengatakan pada hari yang sama, “Bagi rezim Zionis, penantian akan pembalasan dendam lebih buruk daripada hukuman itu sendiri.”

Dalam konteks ini, Kantor Berita Tasnim yang berafiliasi dengan IRGC menerbitkan sebuah kartun yang secara mengejek menggambarkan kegelisahan yang diderita oleh Israel pada 8 September.

Pada 20 Agustus 2024, situs resmi pemerintah, Islamic Republic News Agency (IRNA) menerbitkan sebuah artikel yang mengatakan bahwa penundaan respons Iran disengaja dan merupakan bagian dari “strategi ambiguitas” rezim Iran, yang katanya telah melumpuhkan ekonomi Israel dan membuat Israel tidak berdaya karena tidak tahu kapan Iran akan merespons.

Artikel tersebut juga mengatakan bahwa ambiguitas ini telah memberikan dampak psikologis yang kuat pada warga Israel, yang berjuang untuk membuat janji dengan psikiater karena kenaikan harga dan yang mengkonsumsi obat psikiatri dalam jumlah yang meningkat. Artikel tersebut berbunyi:

“Strategi 'ambiguitas strategis' yang diadopsi oleh Iran selama dua minggu terakhir telah mendorong Israel ke dalam kondisi kesiapan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Semua aktivitas di wilayah pendudukan telah terganggu, dan rezim Zionis telah mengalami pukulan ekonomi yang berat. Sebagian besar penerbangan internasional ke Israel telah dibatalkan, Pelabuhan Haifa telah berhenti beroperasi, dan pertemuan-pertemuan pemerintah Netanyahu berlangsung di ruang bawah tanah...“

Persamaan yang dimulai segera setelah pembunuhan Haniyeh adalah bahwa Iran, melalui ancaman saja dan tanpa menembakkan satu peluru pun, telah berhasil melumpuhkan Israel dan memberikan pukulan terhadap semuanya.

“Untuk pertama kalinya sejak berdirinya 76 tahun yang lalu, pemerintah Israel menghadapi serangan Iran yang pasti, tetapi tidak bisa melakukan apa-apa selain menunggu. Israel, yang melakukan serangan pre-emptive terhadap Mesir pada 1967, kini tidak berdaya di hadapan Iran [...] yang dapat menyerang Israel melalui ancaman saja dan mengubah keseimbangan pencegahan di antara mereka. “Strategi 'ambiguitas strategis' melayani Iran dengan menempatkan Israel pada kondisi kesiapan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Aktivitas ekonomi di wilayah pendudukan [yaitu Israel] telah terganggu, dan sebagian besar penerbangan internasional ke Israel telah dibatalkan. Pelabuhan Haifa telah berhenti beroperasi, dan orang-orang menimbun makanan karena khawatir bahwa mereka mungkin perlu menghabiskan waktu yang lama di tempat perlindungan bom. Pertemuan-pertemuan pemerintah Netanyahu diadakan di ruang bawah tanah, dan Kepala Staf [IDF] mengadakan pertemuan di lapangan terbuka karena khawatir akan adanya serangan rudal.“

Sky News dalam bahasa Arab telah melaporkan bahwa hal yang paling sulit di Tel Aviv adalah menemukan janji temu dengan psikiater, dan harga untuk janji temu telah meningkat menjadi 122 dolar AS. Selain itu, telah terjadi peningkatan 30 persen dalam penggunaan obat tidur, dan pemerintah mengkhawatirkan kemungkinan orang Yahudi akan beremigrasi dari negara itu. Semua ini karena ketakutan akan kemungkinan balas dendam Iran.

Pada 20 Agustus 2024, Wakil Komandan IRGC Jenderal Ali Fadavi menyatakan bahwa Israel akan menanggung konsekuensi yang keras atas pembunuhan Haniyeh dan bahwa tanggapan Iran akan lebih keras daripada yang pernah dialami di masa lalu. 

BACA JUGA: Viral Penyembelihan Sapi dengan Pemingsanan di RPH Pegirian Surabaya, Ini Respons MUI

Dia mengatakan bahwa Iran akan memilih waktu dan tempat yang tepat untuk membalas dendam, dan bahwa Israel telah hidup dalam kepanikan yang terus-menerus untuk mengantisipasi tanggapan Iran, membuat penantiannya lebih buruk daripada hukuman itu sendiri.

“Dengan membunuh syuhada Haniyeh, rezim Zionis telah melakukan kejahatan yang tak termaafkan, dan kali ini akan dihukum dengan hukuman yang lebih berat. Darah para syuhada tidak akan terbalaskan, dan kami akan menentukan waktu dan tempat yang tepat untuk membalas dendam... Israel hidup dalam kepanikan yang terus menerus untuk mengantisipasi respon Iran. Bagi rezim Zionis, penantian akan pembalasan dendam itu lebih buruk daripada hukuman itu sendiri. Mereka hidup di bawah ketakutan setiap hari akan respons kami, yang akan datang pada waktu dan tempat yang kami pilih,” kata dia.

Juru bicara....

Juru bicara IRGC Brigjen. Ali Mohammed Naeini mengatakan pada konferensi pers pada 20 Agustus 2024 bahwa waktu respons Iran tidak diketahui dan ini menguntungkan Iran. Dia mengatakan bahwa Israel telah mengalami kekalahan sehubungan dengan perang di Gaza, dan dia mengancam bahwa tanggapan Iran akan berbeda dari apa yang telah terjadi di masa lalu. 

“Mungkin saja durasi penantian respon Iran terhadap Israel akan lama dan respons tersebut tidak akan mengulangi operasi-operasi sebelumnya. Musuh harus mengharapkan pukulan yang tepat dan diperhitungkan pada waktu yang tepat. Rezim Zionis telah dikalahkan, dan bahkan para politisi Amerika pun mengakui hal ini, karena mereka belum berhasil mencapai tujuannya. Waktu bekerja untuk kepentingan Iran dan responnya mungkin berbeda dari apa yang telah dilakukan di masa lalu, karena para komandan Iran ahli dalam menghukum musuh secara efisien, dan mereka tidak beroperasi secara sembrono,” ujar dia.  

Kelima, tidak semua respons Iran terhadap Israel diketahui public. Penjelasan lain disuarakan oleh wakil komandan Pasukan Qods IRGC untuk operasi Mohsen Chizari, yang mengatakan pada 31 Agustus 2024 bahwa Israel dihantam dengan “respons dari segala arah,” tetapi hanya sebagian yang diketahui oleh publik dan banyak di antaranya yang bersifat rahasia. 

Dalam konteks ini, patut dicatat bahwa pada 28 Agustus, IRGC telah menerbitkan klaim palsu di saluran Telegram-nya bahwa beberapa pejabat Israel, termasuk komandan Direktorat Intelijen Militer Israel Unit 8200, wakilnya, dan “otak di balik AI di Iron Dome (sistem pertahanan udara)” - dibunuh oleh Hizbullah, proksi Iran di Lebanon.

Nama individu terakhir yang dipublikasikan oleh saluran tersebut adalah nama seorang tentara Israel yang telah terbunuh dalam aksi di Jalur Gaza beberapa hari sebelumnya. Postingan tersebut dihapus dari saluran tersebut beberapa hari kemudian, dan pada tanggal 5 September, saluran tersebut membagikan postingan lain yang mengklaim bahwa seorang ilmuwan dari perusahaan kedirgantaraan dan pertahanan milik negara Israel, Israel Aerospace Industries (IAI), telah dibunuh di dekat pintu masuk ke fasilitas penelitian tempat ia bekerja.

Menurut klaim saluran tersebut, ilmuwan yang dimaksud telah memainkan peran sentral dalam pencegatan pesawat tak berawak selama “Operasi Janji Sejati,” serangan pesawat tak berawak dan rudal balistik Iran pada 14 April 2024 terhadap Israel.

Pada 31 Agustus 2024, Wakil Komandan Pasukan Qods IRGC untuk operasi, Mohsen Chizari, mengatakan zionis kriminal sedang dihantam dengan tanggapan dari segala arah, tetapi hanya beberapa di antaranya yang diketahui publik.

Keenam,  pada 9 September 2024, analis politik Iran Emad Abshenas mengatakan dalam sebuah acara di Sky News Arabia (UEA) bahwa tujuan akhir Iran dan poros perlawanan adalah untuk menghancurkan Israel, dan bahwa serangan langsung Iran terhadap Israel sebenarnya dapat membantu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu melepaskan diri dari krisis politik yang dihadapinya, yang mana Iran tidak tertarik untuk melakukannya.

Abshenas berpendapat bahwa dengan menghindari serangan terhadap Israel, Iran menolak Israel untuk keluar dari krisis di Gaza dengan menyerang Iran.  Abshenas menjelaskan dalam sebuah acara pada 9 September 2024 di Sky News Arabia (UEA) bahwa tujuan akhir Iran dan poros perlawanan adalah untuk menghancurkan Israel. 

Dia menjelaskan bahwa setiap serangan Iran terhadap Israel dapat menyelamatkan Netanyahu dari keterikatannya sendiri, dan Iran tidak memiliki kepentingan untuk melakukannya karena Netanyahu menghancurkan semua yang telah dicoba dibangun oleh orang-orang Yahudi selama 2.000 tahun.

Sumber: memri.org

Daftar Panjang Pembunuhan Politik Israel - (Republika)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler