Atasi Kemacetan Jalan Raya Sawangan Depok, Ini Solusinya

Lanjut Imam, selain melebarkan jalan alternatif, rencananya Jalan Raya Sawangan Depok akan juga dibangun flyover.

Atasi Kemacetan Jalan Raya Sawangan Depok, Ini Solusinya
Rep: Rusdy Nurdiansyah Red: Rusdy Nurdiansyah

RUZKA REPUBLIKA -- Situasi kemacetan setiap harinya di Jalan Raya Sawangan, Kota Depok. Bahkan, kemacetan 'horor' terjadi di setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu.


Untuk mengatasi kemacetan yang telah berlangsung bertahun-tahun, ada solusi jitu yang ditawarkan Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono yang saat Pilkada Depok 2024 menjadi calon Wali Kota Depok.

"Saya sudah memikirkan solusinya mengatasi kemacetan di Jalan Raya Sawangan. Saya sudah berkoordinasi dengan anggota DPR RI terkait pelebaran atau pembangunan flyover di Jalan Raya Sawangan," ungkap Imam dalam keterangan yang diterima, Rabu (09/10/2024).

Baca Juga: Pentingnya Mitigasi, Rutan Depok Berikan Penguatan Tugas dan Fungsi Kinerja Hadapi Isu Gempa Megathrust

Lanjut Imam, selain melebarkan jalan alternatif, rencananya Jalan Raya Sawangan Depok akan juga dibangun flyover.

“Saya sudah bertemu dengan Anggota DPRD RI Dapil Depok-Bekasi, Ranny Fath Arafiq, dia bilang sedang dikerjakan perencanaannya untuk pembangunan flyover di Jalan Raya Sawangan,” jelasnya.

Menurut Imam, pihaknya, ingin juga membuat jalan-jalan alternatif agar Pemkot Depok memiliki kewenangan sendiri. Seperti Jalan Muhidin, yang menghubungkan wilayah Cipayung dengan wilayah Pasir Putih.

Baca Juga: Webinar Kesehatan di Depok, Yuk Kenali Faktor Risiko dan Jenis Kanker pada Anak

Selama ini hanya bisa dilewati untuk satu mobil. Minimal punya dua jalur untuk mobil lewat, ini menjadi jalan alternatif, agar tidak melewati Jalan Raya Sawangan.

Kemudian, adapula jalan alternatif dari Jalan Abdul Wahab ke Jalan Meruyung yang hanya bisa dilewati satu mobil.

"Jalan alternatif akan dilebarkan, sehingga lalulintas tidak menumpuk di Jalan Raya Sawangan. Mudah-mudahan kami punya anggarannya untuk melebarkan. Apalagi dibantu dengan Pemerintah Pusat. Insya Allah tambah cakep," tegas Imam.

Baca Juga: Dinkes Depok Gelar Webinar Peringati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

Anggota DPRD Kota Depok dari Fraksi PKS, Ade Firmansyah mengecam komentar yang menyebut pembangunan Flyover Jalan Raya Sawangan hanya omon-omon Imam Budi Hartono menjelang Pilkada 2024.

Adef sapaan akrabnya menyebut nyinyiran itu membuktikan yang berkomentar tidak mencintai Kota Depok sepenuh hatinya.

"Kalau tidak percaya akan pembangunan demi kemajuan suatu kota, kecintaannya akan kota ini dipertanyakan yaa? Kalau benar mencintai Kota Depok, harusnya mendukung dong," kata Adef kepada sejumlah wartawan, Rabu (09/10/2024).

Baca Juga: Pj Sekda Depok Geram! Ingatkan Kondusifitas Pilkada, ASN Harus Netral

Aleg PKS Daerah Pemilihan Cilodong-Tapos itu juga membeberkan sejumlah keberhasilan Imam Budi Hartono membangun Kota Depok saat menjabat sebagai Ketua Komisi IV di DPRD Jawa Barat (Jabar).

Salah satu keberhasilan Imam Budi Hartono adalah dibuktikan dengan berhasilnya pembangunan Underpass Dewi Sartika, Pancoran Mas.

"Imam Budi Hartono berhasil membawa inisiatif dewan dengan pembangunan Underpass Dewi Sartika, saat itu beliau kan sebagai Ketua Komisi IV di DPRD Jabar," terang Adef.

Baca Juga: Aksi Pangan Bergizi di Depok, Hasilnya, Kenaikan BB Balita Capai 72,73 Persen

Ia katakan, yang bisa melihat keberhasilan Imam Budi Hartono hanya orang-orang yang berhati bersih dan mendukung pembangunan Kota Depok menjadi lebih maju.

"Ingat juga, inisiatif Imam Budi Hartono juga telah membuat Situ Rawa Kalong menjadi destinasi wisata Kota Depok. Itu harus diapresiasi, dan bersihnya hati menjadi syarat orang bisa melihat itu," paparnya.

Sebagai Anggota DPRD Kota Depok, Ade Firmansyah memastikan akan membantu Imam Budi Hartono dalam mengawal proses pengajuan dan pembangunan Flyover Jalan Raya Sawangan ke Pemerintah Pusat.

Baca Juga: KFD Diajak untuk Bawa IKM Depok Mendunia

Namun sebelum itu, lanjut Adef, Imam Budi Hartono dan Ririn Farabi Arafiq harus menjadi Wali Kota Depok periode 2025-2030, sehingga pembangunan yang dimaksud dapat direalisasikan.

"Imam Budi Hartono-Ririn Farabi Arafiq menang, saya pastikan akan membantu mengawal pembangunan Flyover Jalan Raya Sawangan," tegasnya. (***)

sumber : https://ruzka.republika.co.id/nasional/1675178864/atasi-kemacetan-jalan-raya-sawangan-depok-ini-solusinya
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler