Jerman Pastikan Lolos ke Perempat Final UEFA Nations League Usai Tundukkan Belanda

Gelandang Jamie Leweling mencatatkan debutnya dengan mencetak gol kemenangan Jerman.

Sven Hoppe/dpa via AP
Pencetak gol Jerman Jamie Leweling (kanan) merayakan golnya ke gawang Belanda dalam pertandingan sepak bola Grup A3 UEFA Nations League di Allianz Arena, Munchen, Jerman, Selasa (14/10/2024) dini hari WIB.
Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jerman memastikan tempat di perempat final UEFA Nations League setelah memetik kemenangan 1-0 atas Belanda di Allianz Arena, Munchen, Selasa (15/10/2024) dini hari WIB. Gelandang Jamie Leweling menikmati debut internasional yang luar biasa dengan mencetak gol kemenangan Die Mannschaft 0 yang diraih dengan susah payah atas Belanda di Grup A3 ini.

Baca Juga


Leweling yang berusia 23 tahun, salah satu dari dua pemain debutan Jerman, berhasil memasukkan bola ke gawang pada menit kedua tetapi usahanya dianggap offside. Namun, ia berhasil mencetak gol pada menit ke-64, dengan melepaskan tembakan ke pojok atas gawang setelah Belanda gagal menepis tendangan sudut dengan baik.

Jerman berada di puncak dengan 10 poin dari empat pertandingan dan memastikan tempat di delapan besar. Belanda tertinggal lima poin di posisi kedua, unggul atas Hungaria dalam selisih gol. Bosnia berada di posisi terbawah dengan satu poin setelah kalah 0-2 dari Hungaria.

"Kami menang sebagai satu tim. Saya mencetak gol tetapi kami bermain bagus dan saya senang bisa membantu," kata Leweling. "Belanda tim besar. Kami membiarkan mereka berlari, kami menguasai bola, dan memanfaatkan peluang kami untuk mencetak gol."

Jerman membuat tim tamu tertekan sejak awal. Selain gol Leweling, mereka memiliki lebih banyak peluang untuk mencetak gol melalui Tim Kleindienst dan Maximilian Mittelstaedt saat Belanda kesulitan menemukan jalan masuk ke dalam permainan.

Tuan rumah terus menekan setelah jeda dan kembali nyaris membobol gawang Belandamelalui Serge Gnabry pada menit ke-54 sebelum Leweling mencetak gol kemenangan.

Belanda tidak banyak melakukan serangan selama sebagian besar permainan. Namun, Oranje hampir mencetak gol pada peluang pertama mereka ketika tembakan Xavi Simons memantul dari mistar gawang pada menit ke-77. Momen ini terjadi beberapa menit sebelum pemain Jerman Mittelstaedt melihat tendangannya sendiri yang terbelokkan melebar tipis dari tiang gawang.

Seperti Leweling, pendatang baru Jerman lainnya, kiper berusia 34 tahun Oliver Baumann, ikut memberikan bantuan dalam kemenangan Jerman. Baumann dengan hebat menepis tendangan keras Doneyll Malen saat mempertahankan keunggulan Die Mannschaft pada menit ke-90. 

sumber : Reuters
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler