Puan Maharani Jawab Teka-Teki Budi Gunawan Masuk Kabinet

Puan mengaku tetap mendukung pemerintahan Prabowo meski tak ada kader PDIP di kabinet

Nursyamsi
Ketua DPP PDIP Puan Maharani usai menghadiri pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka di Gedung DPR dan MPR, Jakarta, Ahad (20/10/2024).
Rep: Nursyamsi/Bayu Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama mantan kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) Budi Gunawan dikabarkan bakal masuk dalam kabinet Prabowo Subianto. BG yang dekat dengan PDIP disebut-sebut bakal masuk sebagai wakil dari kubu Banteng.

Namun Ketua DPP PDIP Puan Maharani menepis kabar tersebut.

Baca Juga


Menurut dia, Budi Gunawan dipilih karena merupakan seorang profesional. "Pak BG (Budi Gunawan) masuk dalam profesional," kata dia di Kompleks Parlemen, Senayan, Ahad (20/10/2024).

Ihwal sikap PDIP, Puan menegaskan, hal itu akan diumumkan langsung oleh Ketum PDIP Megawati. Namun, ia memastikan PDIP akan mendukung pemerintahan Prabowo.

"Nanti akan ada pengumuman resmi, namun posisi selanjutnya, kita akan mendukung Pak Prabowo di pemerintahan dan di parlemen," kata dia.

Puan tak menampik tidak ada kader partainya yang akan menjadi menteri di kabinet Prabowo Subianto.

"Insyaallah posisi PDIP ke depan nantinya tentu saja akan diumumkan oleh ketua umum. Namun, kami akan mendukung pemerintahan Pak Prabowo di parlemen, namun tidak menempatkan kader di kabinet," kata dia,

Menurut dia, bekerja sama dengan pemerintah tidak selalu harus dengan menempatkan kader sebagai menteri. Ia menilai, kerja sama tetap akan bisa berjalan meski PDIP berada di luar pemerintahan.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Ahmad Muzani memastikan tidak ada kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran. Hal ini, ucap Muzani, telah disampaikan PDIP sejak dua atau tiga hari lalu. "Betul bahwa PDIP tidak akan menaruh kadarnya," ujar Muzani usai pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka di Gedung DPR dan MPR, Jakarta, Ahad (20/10/2024).

Muzani menyampaikan PDIP menyampaikan tidak mengenal oposisi dan koalisi. Bagi PDIP, lanjut Muzani, koalisi tidak berarti harus menaruh kader di pemerintahan, dan oposisi tidak selalu berjarak dengan pemerintahan.

Muzani enggan menanggapi nama Budi Gunawan yang santer bergabung dalam kabinet Prabowo. Muzani tidak memberikan jawaban mengenai status BG di PDIP.

"Pak BG adalah orang yang dianggap ahli di bidangnya," ucap Muzani.

Meski tak menaruh kadernya, Muzani mengapresiasi komitmen Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri untuk menyukseskan pelantikan Prabowo. Muzani mengatakan Megawati memerintahkan seluruh kadernya di MPR untuk datang dalam pelantikan Prabowo.

"Itu sebabnya Ibu Mega meski tidak datang karena kondisi beliau tidak fit, beliau memerintahkan kepada 110 anggota MPR untuk hadir pd hari ini. Alhamdulillah 110 teman-teman PDIP, kami ucapkan terima kasih, kami rasakan ada kehangatan dan kebersamaan dalam sidang paripurna ini," sambung dia.

Muzani menyampaikan kelanjutan rencana pertemuan antara Prabowo dan Megawati. Muzani mengatakan pertemuan keduanya masih melihat dari jadwal masing-masing.

"Ya rencananya begitu, Ibu Megawati tetap akan bertemu Presiden Prabowo, nanti akan dicocokan waktu keduanya," kata Muzani.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler