Membuktikan Slogan dan Kemampuan Hyundai Ioniq 5 N, tidak Hanya Sekadar Berkendara!

HMID menggelar Ioniq 5 N Track Day untuk membuktikan kualitas high performance EV

dok HMID
PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi menyelenggarakan IONIQ 5 N Track Day untuk pertama kalinya di Indonesia, tepatnya di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 11-17 November 2024. IONIQ 5 N Track Day di Sirkuit Mandalika menjadi bentuk apresiasi kepada para jurnalis nasional serta regional Asia Pasifik atas respons positif untuk IONIQ 5 N.
Red: Ichsan Emrald Alamsyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siapa bilang electric vehicle (EV) tidak mampu mengeluarkan suara yang menggelegar layaknya mobil balap atau bahkan mobil kursi tunggal berkokpit terbuka Formula 1? Hyundai Motor Company berhasil meluncurkan kendaraan sport Ioniq 5 N, yang bukan hanya cepat tetapi juga mampu menghibur pengendara dengan beragam suara, mulai dari ignition, evolution, dan supersonic.


Bahkan, Republika.co.id berhasil membuktikan kehandalan dan cepatnya Ioniq 5 N dalam gelaran Track Day yang berlangsung di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (15/11/2024). PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memboyong langsung 12 media untuk menjajal langsung kemampuan Ioniq 5 N, dengan tema gelaran "Never Just Drive".

Lewat gelaran ini, Hyundai Motor Indonesia ingin membuktikan keunggulan high performance EV miliknya dari kendaraan sekelasnya. Demi menjaga keamanan setiap jurnalis didampingi satu instruktur resmi untuk menunjukkan beragam fitur yang bisa digunakan dalam Ioniq 5 N.

Begitu ajang dimulai, adrenalin Republika.co.id langsung dipacu oleh fitur N Launch Control. Begitu diaktifkan, N Launch Control bisa memberikan akselerasi terbaik dari mulai kendaraan diam hingga mampu mencapai kecepatan maksimal. Bagi anda yang berada di baris kedua, tentu sangat merasakan hentakan kencang dari teknologi ini.

Usai dari lintasan lurus, Republika.co.id mencoba teknologi berikutnya, yaitu N Pedal, untuk melewati tikungan-tikungan khas sirkuit Mandalika. N Pedal bisa membuat pengendara bisa mengatur akselerasi gas-rem gas-rem, lewat turn-in instan. Hanya dengan satu pedal, Ioniq 5 N, bisa kencang maupun melambat mulai dari level 1 hingga 3.

Untuk menambah kecepatan instan, Ioniq 5 N disematkan fitur N Grin Boost. Layaknya Nitrous Oxide Engine (NOS), N Grin Boost bisa meningkatkan kecepatan mobil secara maksimal dalam waktu 10 detik.

Menariknya, sensasi fitur-fitur ini juga dimaksimalkan lewat suara khas mobil balap lewat teknologi N Aktive Sound+. Tiga jenis suara yang tidak hanya nyaring di dalam namun juga luar kendaraan memberikan sensasi menghibur seakan-akan berada di kokpit F1.


 

Simulasi kendaraan kopling ganda...

Semuanya juga ditambah fitur N e-Shift yang memberikan simulasi kendaraan kopling ganda yang fungsinya memang mengontrol torsi dan daya kendaraan. Pengendara seakan-akan merasakan langsung perpindahan gigi layaknya mobil bertenaga bensin.

Semua teknologi semakin maksimal dengan adanya fitur N Race. Fitur ini, yang seakan-akan dibuat khusus untuk akselerasi di track, mendorong konsumsi energi Ioniq 5 N lebih maksimal dan memiliki daya tahan lebih di lintasan balap.

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi menyelenggarakan IONIQ 5 N Track Day untuk pertama kalinya di Indonesia, tepatnya di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 11-17 November 2024. 

 

Sebagai informasi, Hyundai Ioniq 5 N memiliki sistem penggerak semua roda (AWD, all wheel drive) dan dilengkapi dengan 2 motor listrik, satu di gardan depan dan satu lagi di belakang, yang bekerja sama untuk menghasilkan tenaga dan traksi.

Motor listrik dual yang dapat beroperasi hingga 21.000 RPM. Baterainya memiliki kapasitas 84 kWh. Ioniq 5 N memiliki output total 478 kW (650 PS) dan mampu melaju dari 0 hingga 100 km/jam dalam 3,4 detik dan memiliki kecepatan tertinggi 260 km/jam.

Di saat yang sama, President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Ju Hun Lee mengungkapkan ada alasan khusus perseroan memasarkan Ioniq 5 N di Indonesia. Ia menyebut Indonesia hingga kini masih menjadi pemain utama bagi industri kendaraan bermotor.

Apalagi, Hyundai telah menanamkan investasi besar di Indonesia, termasuk membangun pabrik hingga pusat research and development (R&D) di Indonesia. Selain itu, Hyundai juga ingin membangun kepercayaan masyarakat Indonesia terhada produk Hyundai N Brand.

"Kami ingin bangun kepercayaan dan tentu saja komunitas penyuka Hyundai N Brand," tutur dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler