Rabu 29 Apr 2020 10:45 WIB

UMM Lakukan Syiar Ramadhan Daring

Gelaran tahunan Syiar Ramadhan in Campus 1441 H tahun ini diadakan online.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Dwi Murdaningsih
Kajian Ramadhan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) disyiarkan secara dalam jaringan (daring).
Foto: Dok. Humas UMM
Kajian Ramadhan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) disyiarkan secara dalam jaringan (daring).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengubah beragam kegiatan tatap muka menjadi bersifat dalam jaringan (daring). Tak terkecuali gelaran tahunan Syiar Ramadhan in Campus 1441 H tahun ini.

Kegiatan yang dilakukan berupa kajian-kajian Ramadhan kini disiarkan langsung melalui Youtube di akun umm1964. Siaran kajian ini dapat diakses oleh semua orang. Salah satu kajiannya berisi tentang "Ramadhan di Tengah Bencana Global sebagai Momentum Instropeksi Kehidupan Beragama dan Bermasyarakat" dari Ketua Umum (Ketum) PP Muhammadiyah, Profesor Haedar Nashir.

Baca Juga

Haedar dalam kajiannya berpesan sebagai orang beriman harus menghadapi segala musibah dengan spirit iman yang kokoh. Sebagai agama wahyu, Islam memberikan jawaban atas segala persoalan yang datang. Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan nilai keimanan.

Menurut Haedar, terdapat beberapa esensi keimanan untuk seorang muslim dalam menghadapi musibah. Salah satu di antaranya, orang beriman semakin yakin terhadap kekuasaan Allah. "Segala sesuatu tidak pernah lepas dari sunatullah," ujar Haedar.