Senin 18 May 2020 11:36 WIB

Saatnya Melirik Kopi Hijau

Biji kopi hijau adalah biji kopi yang belum dipanggang.

Red: Natalia Endah Hapsari
Mengupas Manfaat Kopi Hijau
Foto: Republika
Mengupas Manfaat Kopi Hijau

REPUBLIKA.CO.ID, Bila Anda terbiasa mengonsumsi kopi hitam, ada baiknya mulai saat ini melirik juga pada kopi hijau. Green coffee atau biji kopi hijau adalah biji kopi yang belum dipanggang. Proses panggang sendiri akan mengurangi jumlah senyawa yang disebut asam klorogenat. Oleh karena itu, kopi panggang normal yang kita konsumsi memiliki jumlah asam klorogenat yang lebih sedikit, dan tidak bermanfaat seperti kopi hijau. 

Mengonsumsi kopi hijau dapat secara positif mempengaruhi bagaimana tubuh Anda menyerap dan menggunakan karbohidrat. Ini juga memainkan peran penting dalam mengatur kadar gula darah. Ada beberapa manfaat kesehatan dari kopi hijau, seperti dilansir Boldsky, berikut di antaranya:

1. Meningkatkan metabolisme 

Asam klorogenat dalam kopi hijau adalah penguat metabolisme yang hebat. Ini meningkatkan Tingkat Metabolisme Basal (BMR) tubuh yang sebagian besar berguna untuk menurunkan pelepasan glukosa yang berlebihan dari hati ke dalam darah. Tubuh kemudian mulai membakar kelebihan lemak yang disimpan dalam sel-sel lemak untuk memenuhi kebutuhan glukosa.