Selasa 28 Jul 2020 17:57 WIB

Perkuat Pasar Lokal demi Bidik Pasar Global

Keunggulan masuk pasar global selain menguasai domestik juga memiliki rasional buyer.

Red: Hiru Muhammad
PT Pertamina Lubricants, anak perusahaan PT Pertamina (Persero), melalui produk  Pertamina Fastron  menjadi Technical Partner pabrikan supercar dunia, Automobili Lamborghini dalam ajang balap bergengsi GT3 dan Super Trofeo Championships di tahun 2020 dan 2021.
Foto: dok. Pertamina
PT Pertamina Lubricants, anak perusahaan PT Pertamina (Persero), melalui produk Pertamina Fastron menjadi Technical Partner pabrikan supercar dunia, Automobili Lamborghini dalam ajang balap bergengsi GT3 dan Super Trofeo Championships di tahun 2020 dan 2021.

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA--PT Pertamina Lubricants akan melanjutkan kiprahnya di pentas global setelah menempati posisi 15 besar dunia. Salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan memantabkan penguasaan pasar di Tanah Air.

"Tantangan untuk naik ke posisi diatasnya tidaklah berat dan kami bisa  menguasainya,"kata Sinung Wikantoro Marketing Manager PT Pertamina Lubricants di sela webinar yang digelar Forum Wartawan Otomotif Indonesia, Jumat (24/7). Apalagi perusahaan yang masih 100 persen milik bangsa Indonesia ini sudah sejak 1997 berkecimpung di bisnis pelumas. Selain itu pihaknya juga sudah aktif mendukung sejumlah pembalap nasional di pentas dunia. 

Salah satu keunggulan masuk pasar global selain menguasai domestik juga memiliki rasional buyer. Pengalaman teknis yang dialami konsumen menjadi nilai tambah untuk menguasai pasar lokal. Tetapi jika kita amati dengan karakterisitik konsumen, kita melihat konsumen memakai produk kita dan memiliki pengalaman sendiri, dan mempercayakan pelumas Pertamina," katanya. 

Di bidang otomotif, sebagian besar produsen kendaraan terkemuka yang membuka pabrik di Tanah Air menggunakan pelumas produksi Pertamina. Apalagi pihaknya kini juga memiliki sejumlah fasilitas laboratorium di tanah air yang dapat dengan cepat memproduksi atau memperbaiki kualitas pelumas yang dipasarkan di dalam negeri. Kepercayaan yang diberikan konsumen selama bertahun itulah yang menjadi modal untuk memperkuat pasar internasional.