Kamis 04 Feb 2021 12:39 WIB

Daimler Berencana Beralih dari Produksi Truk ke Mobil Mewah

Ini juga upaya menghadapi persaingan dengan kendaraan listrik premium lain

Rep: idealisa masyrafina/ Red: Hiru Muhammad
Perakitan mesin di Daimler, Jerman
Foto: siteselection.com
Perakitan mesin di Daimler, Jerman

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN--Produsen mobil Jerman Daimler berencana untuk melepaskan Daimler Truck, pembuat truk dan bus terbesar di dunia. Hal ini karena perusahaan berusaha meningkatkan daya tarik investornya sebagai bisnis mobil listrik dan mewah yang terfokus. Rencana ini mendorong sahamnya naik hampir 9 persen. Keputusan Daimler untuk bubar mengikuti contoh perusahaan Jerman lainnya, seperti Siemens AG, setelah investor menekan dewan untuk membubarkan konglomerat.

Ini juga upaya menyoroti upaya merek mobil mewah Mercedes-Benz untuk menantang Tesla Inc, Porsche, BMW dan lainnya di pasar kendaraan listrik premium."Perusahaan mobil mewah murni bermain ini, bahkan lebih menarik bagi investor yang mencari keuntungan di daerah itu," kata CEO Ola Källenius dalam konferensi telepon Rabu (3/2).

Källenius berharap bisnis Mercedes-Benz mandiri akan dipandang kompetitif dengan Tesla, dan seiring waktu mendapatkan penilaian yang lebih tinggi dari investor."Ini tentang transformasi dan kemenangan dalam (kendaraan) listrik dan perangkat lunak mobil," katanya.

Daimler mengatakan, keputusan akhir tentang pemisahan akan diambil pada rapat pemegang saham luar biasa yang dapat diadakan pada akhir kuartal ketiga dan bisnis tersebut dapat terdaftar di bursa saham Frankfurt pada akhir 2021.

Para analis mengatakan perpisahan itu logis dan bisnis truk tidak menambah harga saham Daimler."Hasilnya sangat positif bagi semua pemegang saham," ujar analis Bernstein Arndt Ellinghorst menulis dalam catatan klien.

Ia menambahkan bahwa ada sangat sedikit logika industri dan budaya untuk menggabungkan dua bisnis yang sangat berbeda ini. Daimler Truck mengirimkan sekitar setengah juta truk dan bus ke pelanggan pada tahun 2019 dan menghasilkan pendapatan 40,2 miliar euro dari truk dan 4,7 miliar euro dari bus.

Di pasar truk, Daimler menghadapi rival tradisional seperti AB Volvo dari Swedia, unit Volkswagen AG Traton, dan Paccar Inc. Truk ini berlomba untuk membawa truk heavy-duty yang sepenuhnya bertenaga listrik ke pasar untuk bersaing dengan model semi-truk Tesla yang ditunggu- tunggu.

Kepala Källenius dan Daimler Trucks Martin Daum mengatakan kepada para analis pada hari Rabu (3/2) bahwa satu alasan untuk memisahkan bisnis adalah karena truk komersial dan mobil mewah mengejar pendekatan berbeda untuk mengurangi emisi karbon.

Pembuat truk berat berinvestasi lebih banyak dalam teknologi sel bahan bakar hidrogen untuk menggantikan mesin pembakaran internal. Pembuat kendaraan mewah fokus pada baterai. Di bawah spin-off yang direncanakan, sebagian besar saham di Daimler Truck akan didistribusikan kepada pemegang saham Daimler. "Kami percaya pada kekuatan finansial dan operasional dari dua divisi kendaraan kami," kata Källenius.

 

Umroh plus wisata ke mana nih, yang masuk travel list Sobat Republika di Tahun 2024?

  • Turki
  • Al-Aqsa
  • Dubai
  • Mesir
  • Maroko
  • Andalusia
  • Yordania
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement