REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covic-19 membuat gaya berpakaian berubah sesuai gaya hidup baru yang banyak dilakukan di rumah saja. Niaga elektronik Lazada mencatat, pada awal mula masa pandemi 2020, masyarakat kerap mencari cara untuk menemukan kenyamanan dalam menjalani aktivitas mereka, salah satunya melalui pakaian yang dikenakan sehari-hari.
Tak heran pada 2021, Lazada Indonesia memperkirakan, tren fashion pada 2021 masih didominasi dengan pakaian-pakaian yang nyaman dan sederhana. Hanya saja, kini ditambah dengan aksen atau potongan yang membuat penggunanya tetap terlihat stylish. Perubahan ini memunculkan berbagai macam tren mode yang mengedepankan konsep elevated basic.
Menurut Executive Vice President Fashion Categoru Lazada Indonesia, Jacopo Mor, statement sleeves tampaknya kembali menjadi tren tahun ini. "Memasuki 2021, busana dengan model yang fokus pada bagian bahu dan lengan ini akan membantu penampilanmu terlihat semakin cantik," kata Jacopo Mor dalam keterangan yang diterima Republika.
Potongan kain yang bervolume di bagian bahu ataupun lengan ini akan membantu membuat pinggang terlihat lebih ramping dan tegas. Pakaian yang modis dengan model statement sleeves ada pada koleksi-koleksi yang ada di Lazada, seperti salah satunya di 3Mongkis dan Nadjani.
Sementara pada tren fashion laki-laki pada 2021, diperkirakan akan berada di sekitar utility look yang menonjolkan tampilan ala militer. Selain potongan bajunya yang nyaman, pilihan warnanya yang netral juga semakin menambah kesan sederhana namun tetap keren.
"Pakaian pria memang sering kali mengambil inspirasi dari banyak hal, tak terkecuali tampilan modern ala pelaut yang tengah digemari di tahun 2021 ini," kata dia.
Tren yang satu ini menonjolkan tampilan yang bersifat sepanjang masa dan cocok digunakan kapan saja, khususnya pada saat cuaca cerah. Tak heran bahwa nautical look ini menjadi tren yang cukup populer di dunia. Motif strip dan warna biru yang menjadi ciri khas dari tampilan ini akan sangat cocok dipadupadankan dengan celana chino putih, jeans maupun jaket.
Banyak orang beraktivitas di rumah saja setelah pandemi Covid-19 merebak ke seluruh dunia, termasuk ke Indonesia. Belajar, bekerja, bahkan berbelanja pun menjadi kebiasaan baru untuk dilakukan agar kita bisa meminimalisasi bertemu dengan orang lain di luar rumah.
Akibatnya, berbelanja secara daring menjadi pilihan utama bagi banyak orang. Hal itu pun dibenarkan oleh dari niaga elektronik Lazada.
"Sepanjang tahun lalu, kami melihat adanya peningkatan aktivitas belanja daring, bahkan untuk kebutuhan sehari-hari yang juga dibeli di platform kami," kata Jacopo.
Dia mengatakan, kategori fashion masih termasuk merupakan salah satu kategori yang populer di Lazada selama 2020. Masyarakat, kata dia, masih memercayakan niaga elektronik untuk berbelanja item-item fashion, yang terlihat dari tingginya minat konsumen terhadap produk dan aksesoris fashion saat festival-festival belanja seperti Garbolnas 12.12 lalu.
Pada 2020 lalu, Lazada mencatat, baju kasual yang nyaman, seperti celana pendek, kaus, piyama, serta baju tidur mengalami peningkatan. Menurut dia, hal ini dikarenakan sebagian besar orang beraktivitas dari rumah saja karena adanya pandemi.
Jacopo menyebut, produk kacamata juga mengalami peningkatan karena orang cenderung memerlukan perlindungan mata ketika mereka harus beraktivitas di luar. "Di tahun ini tren fashion masih tetap seputar pakaian yang nyaman digunakan namun dengan berbagai aksen dan potongan yang membuat penggunanya terlihat lebih stylish," jelas Jacopo.