Jumat 19 Mar 2021 11:23 WIB

Tips Terapkan Jadwal Makan dan Tidur Anak

Pola tidur dan makan anak menjadi kunci tumbuh kembang yang optimal.

Rep: Santi Sopia/ Red: Dwi Murdaningsih
Memberi makan anak (Ilustrasi)
Memberi makan anak (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pola tidur dan makan anak menjadi kunci tumbuh kembang yang optimal. Kedua pola itu sangat mendasar dalam proses pertumbuhan si kecil, baik untuk perkembangan fisik, kecerdasan maupun sosio emosionalnya.

Dr. Kanya Ayu Paramastri, SpA, Dokter Spesialis Anak mengatakan di masa bekerja dari rumah (WFH) seperti saat ini, orang tua bisa jadi lebih kesulitan menerapkan jadwal makan ataupun tidur terhadap anaknya. Sebab sang anak merasa orang tua akan terus berada di rumah. Akan tetapi, jadwal ini tetap penting untuk tetap mendukung tumbuh kembang optimal buah hati.

Baca Juga

“Ortu bisa kewalahan saat WFH, anak susah disuruh duduk saat makan, susah tidur, ingin main terus sehingga menjadikan anak tantrum, tapi dasarnya dulu ini yang diperbaiki,” ujar Kanya dalam acara bersama Baby Happy, belum lama ini.

Kemampuan atau kebiasaan tidur bukan otomatis akan dilakukan anak, melainkan secara sadar dan sengaja haris diajarkan orang tua sejak minimal usia bayi tiga bulan. Kanya berbagi tips untuk menerapkan jadwal yang teratur demi pertumbuhan optimal anak.