Selasa 01 Jun 2021 16:58 WIB

Volkswagen Polo Usung Kemudi Otomatis Level II

Volkswagen Polo dengan kemudi otomatis level II sudah tersedia di pasar otomotif.

Volkswagen Polo dengan kemudi otomatis level II sudah tersedia di pasar otomotif.
Foto: EPA-EFE/FILIP SINGER
Volkswagen Polo dengan kemudi otomatis level II sudah tersedia di pasar otomotif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Volkswagen mengumumkan Polo baru telah tersedia di pasar. Hatchback ini dilengkapi dengan pengemudian otomatis level 2 dan menjadi yang pertama di kelasnya.

Teknologi ini lebih dulu disematkan pada model lebih besar seperti Golf, Tiguan, Passat, Arteon, dan Touareg. Sebagai yang pertama di kelasnya, Polo sekarang juga memungkinkan pengendaraan otomatis sebagian di seluruh rentang kecepatan, terutama selama perjalanan jalan raya, IQ.

Baca Juga

DRIVE Travel Assist menambahkan tingkat kenyamanan yang benar-benar nyata, kata Volkswagen dalam pernyataannya, dikutip Selasa (1/6). IQ DRIVE Travel Assist sangat mudah digunakan, seperti roda kemudi multifungsi standar memiliki tombol terpisah untuk sistem bantuan pintar.

Cukup klik, dan Polo baru mengasumsikan sebagian pengemudian otomatis lateral. Sistem ini didasarkan pada perpaduan Adaptive Cruise Control (ACC) dan panduan jalur adaptif, yang menggabungkan panduan lateral dan longitudinal.

Dengan kombinasi sistem bantuan ini, Polo melangkah ke kelas kendaraan yang lebih tinggi. ACC memastikan bahwa Polo secara otomatis mempertahankan kecepatan yang diizinkan saat ini dipilih oleh pengemudi.

Berkat Dynamic Road Sign Display berbasis kamera, Polo "tahu" seberapa cepat diperbolehkan untuk dikendarai. Menggunakan teknologi sensor radar, ini juga mendeteksi jika kendaraan yang lebih lambat muncul di depannya.

Ini kemudian memerintahkan Polo mengerem, dan karena itu selalu menjaga jarak mengikuti yang benar dan aman. Jika tidak ada lagi mobil di depan, Polo berakselerasi lagi.

Sistem penjaga lajur Lane Assist memindai area di depan Polo menggunakan kamera yang sama di kaca depan sebagai sistem Tampilan Rambu Jalan Dinamis. Dengan demikian, sistem bantuan mendeteksi marka lajur dan mengarahkan dengan benar segera setelah pergerakan keluar lajur yang tidak disengaja terdeteksi.

Namun, pengemudi harus tetap memegang kemudi, karena mereka selalu bertanggung jawab untuk menilai situasi lalu lintas dan mengendalikan perilaku kendaraan. Pengemudi memberi sinyal kesiapan ini melalui permukaan kapasitif roda kemudi, yang merespons sentuhan.

Dengan gearbox manual 5 dan 6-percepatan, IQ.DRIVE Travel Assist dapat digunakan dari kecepatan 30 km/jam hingga kecepatan maksimum (210 km/jam). Jika Polo dilengkapi dengan 7-gear dual clutch gearbox (DSG), sistem bantuan sudah tersedia dari kecepatan 0 km/jam. 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement