Selasa 22 Jun 2021 17:47 WIB

Inggris Pantau 4.000 Laporan Haid Berat Usai Vaksinasi

Gangguan haid tidak termasuk dalam daftar efek samping vaksin Covid-19.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Ribuan perempuan di Inggris mengeluhkan adanya perubahan terkait menstruasi usai menjalani vaksinasi Covid-19.
Foto:

Katie Khan (39 tahun), dari London, contohnya. Dia mengatakan bahwa siklus menstruasinya menjadi tidak teratur setelah dosis pertama vaksin AstraZeneca.

"Haidnya berlangsung lebih dari seminggu dan rasanya jauh lebih berat, seperti banjir menstruasi, dan jauh lebih menyakitkan, bukan haid yang seperti biasa saya alami," kata Khan.

Setelah meninjau laporan, Sarah Branch selaku direktur kewaspadaan dan manajemen risiko obat-obatan MHRA mengatakan bahwa bukti tidak menunjukkan peningkatan risiko haid berat setelah vaksinasi dengan tiga vaksin Covid-19 di Inggris.

"Jumlah laporan terkait menstruasi berat terbilang rendah dibandingkan dengan jumlah perempuan yang telah divaksinasi hingga saat ini dan tingkat latar belakang gangguan menstruasi secara umum. Kami terus memantau laporan ini untuk sinyal potensial." kata Branch.

Sementara itu, dokter di Royal College of Obstetricians and Gynecologists menyerukan agar perempuan yang mendapati adanya "pendarahan yang tidak biasa" untuk menghubungi dokter mereka. Mereka juga mengingatkan bahwa efek samping semacam itu seharusnya tidak menghalangi perempuan untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Satu dari 10 orang akan mengalami efek samping setelah disuntik vaksi Covid-19. Efek samping paling sering ialah nyeri di tempat suntikan, sakit kepala, kelelahan, nyeri sendi dan otot, demam, menggigil, dan mual.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ السَّاعَةِ اَيَّانَ مُرْسٰىهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّيْۚ لَا يُجَلِّيْهَا لِوَقْتِهَآ اِلَّا هُوَۘ ثَقُلَتْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ لَا تَأْتِيْكُمْ اِلَّا بَغْتَةً ۗيَسْـَٔلُوْنَكَ كَاَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللّٰهِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ
Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, “Kapan terjadi?” Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”

(QS. Al-A'raf ayat 187)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement