Jumat 27 Aug 2021 10:05 WIB

AS Rekomendasikan Skrining Diabetes Mulai Usia 35 Tahun

Warga AS umur 35 tahun ke atas dan obesitas direkomendasikan ikut skrining diabetes.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Pemeriksaan kadar gula darah secara mandiri. Kondisi pradiabetes dapat dipulihkan dengan diet dan olahraga yang tepat.
Foto:

Semua orang dewasa di atas usia 45 juga direkomendasikan menjalani tes pra-diabetes dan diabetes, terlepas dari faktor risiko. Menurut data statistik CDC, penyakit yang juga dikenal sebagai kencing manis itu merupakan penyebab utama gagal ginjal.

CDC mencatat bahwa sekitar 34,2 juta atau 10,5 persen dari populasi terkena diabetes. Sementara itu, 88 juta orang berusia 18 dan lebih tua (34,5 persen dari orang dewasa AS) mengidap pradiabetes.

"Untungnya, ada intervensi yang efektif untuk mencegah pradiabetes berkembang menjadi diabetes dan membantu orang dengan pradiabetes meningkatkan kesehatannya,” kata Wakil Ketua Satuan Tugas, Michael Barry.

Intervensi pencegahan yang direkomendasikan untuk memerangi diabetes termasuk diet dan olahraga yang tepat. Rekomendasi datang penelitian yang didanai federal menunjukkan diabetes melonjak di antara anak-anak Amerika, praremaja, dan remaja hingga 2017. Ada peningkatan 45 persen dalam diagnosis Tipe 1, dan pertumbuhan 95 persen dalam diagnosis Tipe 2.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement