Senin 11 Oct 2021 21:05 WIB

Israel Kembangkan Kecerdasan Buatan untuk Obati Leukemia

Israel kembangkan pengobatan pengganti kemoterapi bagi pengidap leukemia.

Red: Reiny Dwinanda
Sel darah putih pada pasien leukemia, hasil foto sains mikroskop elektronik. Leukemia dikenal juga dengan kanker sel darah putih.
Foto:

Para ilmuwan sukses menguji proses tersebut dalam eksperimen laboratorium pada sel yang diambil dari pasien dan tikus. Eksperimen dilakukan bersama Pusat Medis Sheba di Israel tengah.

Dalam pengobatan baru itu, molekul kecil dapat diberikan kepada pasien melalui suntikan intravena atau ditelan langsung, menurut para peneliti dalam jurnal tersebut. Dalam kesimpulannya, peneliti menyebut, metode baru itu bisa menggantikan kemoterapi dan terapi biologis lain, yang mungkin merusak sel-sel lain dalam tubuh serta menimbulkan resistensi sel-sel kanker terhadap pengobatan.

Leukemia juga dikenal kanker sel darah putih. Ini merupakan salah satu jenis penyakit mematikan yang bisa menyerang siapa saja yang semula terlihat bugar.

Ketika kena leukemia, angka harapan hidup akan merosot drastis. Itu karena sistem kekebalan tubuh merosot akibat darah putih--sebagai sistem imun--tidak normal.

Meskipun lebih banyak menyerang kelompok usia 50-an ke atas, leukemia belakangan juga melanda kalangan anak dan usia muda. Sekitar 100 ribu orang tiap tahun terserang kanker darah putih.

Hingga kini, penyebab pasti utama leukemia masih belum terungkap. Sebagian besar mengidapnya akibat kelainan genetika atau bawaan, namun yang lainnya ada juga yang karena merokok, paparan bahan kimia, hingga infeksi virus human T-cell leukemia akibat berbagi jarum suntk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement