Senin 25 Oct 2021 20:51 WIB

Mahasiswa UGM Kembangkan Permainan Edukatif Berbahasa Jawa

Permainan edukatif dikembanngkan dalam bentuk monopoli yang memuat pengetahuan.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih
Sekelompok mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) menginisiasi pembuatan permainan edukatif sebagai media pembelajaran kebudayaan Jawa.
Foto: ugm
Sekelompok mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) menginisiasi pembuatan permainan edukatif sebagai media pembelajaran kebudayaan Jawa.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Sekelompok mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) menginisiasi pembuatan permainan edukatif sebagai media pembelajaran kebudayaan Jawa. Permainan edukatif yang digagas itu diberi nama Lingkar Bregada.

Permainan dikembangkan Fitriana Aulia dari FKKMK, Andreas Ryan Cahyo K, Arlen Pramudya A dan Wahyu Setyaningsih dari Fakultas Teknik serta Natasya Nur Putri A dari Fakultas Hukum. Mereka sukses mendapat dana hibah PKM Kemendikbudristek.

Baca Juga

Bahkan, karya mereka ini sudah berhasil lolos maju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2021 yang digelar akhir Oktober ini. Fitriana menerangkan, ide membuat permainan edukatif ini berawal dari kegelisahan mereka terkait minimnya metode pembelajaran Bahasa Jawa saat duduk di bangku sekolah.

Fitriana mengatakan, mereka merasa kurang ada pengalaman belajar Bahasa Jawa yang variatif. Selain itu, terdapat keterbatasan sumber belajar Bahasa Jawa.