REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sejalan dengan Program Nasional dalam Transformasi Digital dan peningkatan Perekonomian Masyarakat Desa, serta visi Telkom menjadi digital telco pilihan utama untuk memajukan masyarakat.
INNOVILLAGE hadir sebagai kompetisi sociopreneurship di bidang teknologi digital melalui kolaborasi PT Telkom Indonesia bersama Perguruan Tinggi, dengan mewadahi Perguruan Tinggi se-Indonesia dalam menggugah mahasiswa/i yang sedang di berada kampung halaman (selama pandemi Covid-19) untuk ikut terlibat langsung membantu memberikan solusi terhadap problem-problem sosial masyarakat desa mereka melalui inovasi-inovasi digital aplikatif yang dengan memiliki keterkaitan mengenai Sustainable Development Goals (SDGs) sehingga tercipta kemanfaatan sosial dan peningkatan ekonomi yang terukur.
Sejak diumumkan TOP 120 Social Project dan mendapatkan pendanaan implementasi dengan total 1.8 Miliar untuk kurang lebih 50 Perguruan Tinggi di Indonesia dan tersebar di 28 Provinsi lokasi desa implementasi.
Saat ini berbagai macam inovasi mahasiswa di implementasikan terutama dalam mewujudkan digital village baik dalam bentuk aplikasi, prototype alat, website serta berbagai macam lainnya. Kami sangat apresiasi semangat dan daya juang para mahasiswa peserta INNOVILLAGE, jelas Rahman selaku panitia.
Semoga apa yang dilakukan oleh kurang lebih 300 mahasiswa bisa membawa kebermanfaatan di tengah-tengah masyarakat, berbagai inovasi mahasiswa dapat dilihat bersama di media sosial dan youtube.