Rabu 02 Mar 2022 01:15 WIB

Jenis Makanan yang Perlu Dihindari Menurut Dokter Jantung

Dokter jantung merekomendasikan keseimbangan dalam asupan makanan sehari-hari.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Makanan sehat (ilustrasi). Menurut dokter jantung, sebetulnya, tidak ada makanan yang akan menyelamatkan hidup seseorang dan tidak ada yang benar-benar mematikan. Semuanya tentang keseimbangan.
Foto:

5. Makanan cepat saji

Beberapa restoran makanan cepat saji memang ada yang menghadirkan menu yang cukup sehat, yakni dengan menyertakan sayuran segar. Akan tetapi, sebagian besar hanya menyajikan menu burger dan ayam goreng yang kurang sehat. Bahkan, bahan yang tidak digoreng biasanya tinggi karbohidrat.

6. Minuman energi

Minuman energi biasanya mengandung gula tambahan serta bahan-bahan yang berpotensi menimbulkan masalah seperti tekanan darah tinggi atau aritmia. Lebih baik menggantinya dengan minum air putih atau minum teh dan kopi dalam jumlah sedang setiap hari.

7. Terlalu banyak garam

Sebagian orang mengonsumsi garam sebanyak tiga atau empat kali dari jumlah harian yang disarankan. Sumber garam berlebih bisa bersembunyi di produk sereal, acar, sandwich, atau potongan dada ayam. Baca label makanan dengan cermat supaya konsumsinya cukup.

8. Minyak kelapa

Produk minyak kelapa memuat banyak lemak jenuh. Minyak kelapa bekerja dengan baik secara topikal (pelembap yang luar biasa untuk rambut dan kulit), tetapi mengonsumsinya terlalu banyak tidak disarankan, dikutip dari laman Today, Selasa (1/3/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement