Rabu 16 Mar 2022 00:18 WIB

Pakar: Daya Tular 'Son of Omicron' Hampir Setara dengan Penyakit Paling Menular di Dunia

Son of Omicron sekitar 1,4 kali lebih menular daripada varian omicron orisinal.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi Covid-19. Ahli menyebut, daya tular BA.2 alias Son of Omicron bisa dikatakan hampir mendekati daya tular penyakit paling menular di dunia, yaitu campak.
Foto:

Di Inggris, misalnya, kasus Covid-19 tampak terus mengalami peningkatan pada satu pekan terakhir. Peningkatan ini terjadi seiring dengan dihapuskannya beragam restriksi terkait pengendalian Covid-19 di negara tersebut.

photo
Beda gejala infeksi varian omicron dan delta. - (Republika)

Sebagai contoh, aturan seperti penggunaan masker di dalam ruangan dan kebijakan bekerja dari rumah telah diakhiri. Selain itu, bukti riwayat vaksinasi atau hasil tes Covid-19 negatif juga tak lagi diwajibkan untuk memasuki kelab malam atau lokasi acara besar lain.

Hal lain yang juga dinilai berperan dalam meningkatnya kembali kasus Covid-19 adalah imunitas yang mulai memudar. Kombinasi melemahnya restriksi, memudarnya imunitas, dan munculnya varian baru yang lebih menular inilah yang disinyalir menjadi akar dari lonjakan kasus Covid-19 di Inggris.

"Kami melihat adanya peningkatan infeksi dalam satu pekan terakhir, namun mengingat adanya peningkatan pembauran sosial, (peningkatan kasus) sudah diprediksi," ungkap Menteri Kesehatan Inggris Sajid Javid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement