Kamis 02 Jun 2022 13:52 WIB

Pertama di Dunia: Organ Hati Rusak Bisa Diobati-Tahan 3 Hari, Sukses Dicangkokkan

Di luar tubuh, organ hati biasanya hanya bisa bertahan kurang dari 12 jam

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pasien cangkok hati (ilustrasi). Seorang pasien kanker hati bertahan hidup dengan organ hati yang dicangkokkan pada Mei 2021. Organ hati tersebut sudah disimpan selama tiga hari sebelum ditransplantasikan.
Foto:

Seperti diketahui, saat ini ada celah yang besar antara kebutuhan transplantasi hati dengan jumlah organ donor yang tersedia. Batas penyimpanan yang singkat, yaitu 12 jam di dalam es, juga memberikan kesulitan tersendiri.

"(Metode ini) mungkin bisa meringankan minimnya (ketersediaan) organ manusia yang berfungsi (untuk didonorkan) dan menyelamatkan jiwa," ungkap Clavien, seperti dikutip dari The Sun, Kamis (2/6/2022).

Profesor Rekayasa Makromulekul dari ETH Zurich, Mark Tibbitt, mengatakan, prosedur transplantasi hati yang dilakukan Clavien dan timnya menggunakan pendekatan multidisiplin untuk mengatasi berbagai tantangan biomedis yang rumit. Oleh karena itu, Tibbitt menilai keberhasilan prosedur ini dapat menjadi batu loncatan untuk masa depan ilmu kedokteran.

"Ini akan memungkinkan kita menggunakan temuan-temuan baru dengan lebih cepat untuk merawat pasien," ujar Tibbitt, seperti dilansir STV.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement