Selasa 09 Aug 2022 05:17 WIB

Tujuh Sifat yang Menandakan Seseorang Masuk Kategori Psikopat Menurut Psikolog

Psikopat tak melulu merupakan seorang pembunuh berdarah dingin tanpa ampun.

Red: Qommarria Rostanti
Tujuh sifat yang menjadi penanda psikopat. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Tujuh sifat yang menjadi penanda psikopat. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apa yang terbayang di benak Anda saat mendengar  istilah psikopat? Apakah memunculkan gambar penjahat di layar lebar seperti Joker (diperankan aktor Heath Ledger) yang gila kriminal dalam film hit Batman The Dark Knight?

Dia merupakan manipulator utama yang jelas-jelas lepas kendali. Pembuat kekacauan yang tidak peduli siapa yang dia sakiti atau bunuh dalam usahanya untuk menjatuhkan masyarakat. Joker adalah psikopat sejati, bukan?

Baca Juga

Ada contoh lain di layar lebar seperti karakter Norman Bates di Psycho atau Hannibal 'the kanibal' Lecter di Silence of the Lambs. Namun contoh-contoh tersebut agak ekstrem.

Faktanya, ada ratusan bahkan ribuan psikopat di kehidupan nyata dan jauh lebih tidak berbahaya. Melansir dari laman Mirror pada akhir pekan lalu, di Inggris ada sekitar 400 ribu psikopat yang hidup berdampingan dengan masyarakat awam. Situs web Verywellmind menyebut psikopat adalah istilah tak resmi untuk menggambarkan seseorang yang tidak berperasaan, tidak emosional, dan bejat secara moral.