Selasa 02 Aug 2022 11:33 WIB

Obat-obatan yang Sebaiknya tidak Diminum pada Pagi Hari, Ada Efek Negatifnya

Minum obat-obatan ini pada pagi bukan ide terbaik bagi Anda yang ingin beraktivitas.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Obat-obatan yang sebaiknya tidak diminum pada pagi hari. (ilustrasi)
Foto: freepik
Obat-obatan yang sebaiknya tidak diminum pada pagi hari. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minum obat pada waktu yang keliru dapat membuat hari produktif Anda berubah menjadi "hari tidur". Banyak resep obat yang justru  membuat Anda mengantuk.

Mengonsumsi obat-obatan ini pada pagi hari dinilai bukan ide terbaik, jika Anda ingin menikmati hari, mengemudi, atau menyelesaikan sesuatu. Obat-obatan apa saja yang dimaksud? Berikut ulasan seperti dilansir Eat This Not That, Selasa (2/8/2022):

Baca Juga

1. Obat tekanan darah

Apoteker praktik khusus transplantasi perut di The Ohio State University Wexner Medical Center, Mythili Chunduru, mengatakan tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung, strok, dan penyakit ginjal. Tekanan darah turun secara alami pada malam hari. 

"Oleh karena itu, minum obat tekanan darah yang dilakukan sekali sehari pada malam hari memungkinkan terjadinya penurunan sehingga menurunkan risiko gagal jantung dan strok. Penyesuaian seperti ini harus selalu didiskusikan dengan penyedia layanan Anda," ujarnya.

2. Difenhidramin

Clinical Pharmacist untuk VCU Health System, Katie Rocawich, PharmD, BCCCP mengatakan, Diphenhydramine (Benadryl®) adalah antihistamin yang digunakan untuk mengobati gejala alergi. Bagi kebanyakan individu, diphenhydramine menyebabkan depresi sistem saraf pusat, menyebabkan kantuk, sedasi, kelelahan, kurang konsentrasi, dan gangguan memori.

"Tentu saja, jika indikasi untuk diphenhydramine memerlukan pemberian siang hari (yaitu pengobatan reaksi alergi yang parah), seseorang harus berhati-hati dan memantau efek sedatif," kata dia.

Dr Chunduru menambahkan, antihistamin seperti diphenhydramine atau loratadine digunakan untuk mengobati alergi. Jika Anda meminum obat ini setiap hari, sebaiknya diminum sebelum tidur karena dapat membuat Anda sangat mengantuk.

"Hindari meminumnya pada pagi hari karena dapat membuat Anda mengantuk, mengganggu kemampuan Anda untuk mengemudi atau bekerja pada siang hari," ujarnya.

3. Doksilamina

Rocawich mengatakan, doxylamine adalah antihistamin yang digunakan untuk insomnia dan dalam kombinasi dengan vitamin B6 untuk pengobatan atau pencegahan mual atau muntah kehamilan. "Doxylamine memiliki sifat antikolinergik yang kuat dan telah dikaitkan dengan disorientasi, pusing, dan kantuk dan dengan demikian hanya boleh diberikan diambil pada waktu tidur," kata dia.

4. Melatonin

"Melatonin adalah hormon yang diproduksi oleh otak sebagai respons terhadap kegelapan untuk meningkatkan kualitas tidur," ujar dr Rocawich.

Ini digunakan sebagai suplemen untuk pengobatan gangguan tidur dan juga eksperimental dalam kombinasi dengan kemoterapi atau radiasi pada pasien dengan tumor padat. Obat ini sebaiknya tidak diminum pada pagi hari karena menyebabkan kantuk, disorientasi, dan kebingungan.

Menurut dr Chunduru, melatonin adalah hormon yang diproduksi oleh tubuh untuk memberi sinyal tidur. Produksinya dapat diblokir jika Anda terkena cahaya pada malam hari. Kadar melatonin turun pada pagi hari, memungkinkan Anda untuk bangun.

"Melatonin sebagai suplemen digunakan untuk membantu insomnia. Hindari mengonsumsi melatonin di pagi hari karena dapat membuat Anda pusing," ujarnya.

5. L-triptofan

Dr Rocawich menjelaskan, L-Tryptophan adalah asam amino esensial yang ditemukan dalam daging merah, unggas, telur, dan susu. Ini telah digunakan sebagai obat alami di antaranya untuk kecemasan, insomnia, dan migrain.

"L-tryptophan telah terkait dengan depresi sistem saraf pusat termasuk pusing, sakit kepala ringan dan mengantuk," kata dia.

6. Statin

Dr Chunduru menyebut, kolesterol tinggi menyebabkan penyakit jantung dan obat penurun kolesterol seperti statin mengurangi risiko tersebut. "Karena produksi kolesterol tertinggi dalam tubuh pada malam hari, statin seperti simvastatin dan pravastatin paling efektif jika dikonsumsi sebelum tidur," ujarnya.

7. Valerian

Dr Rocawich mengatakan, valerian adalah tanaman tahunan yang ekstrak akarnya digunakan sebagai suplemen nutrisi untuk mengobati insomnia, kecemasan, depresi, sindrom kaki gelisah, dan sindrom pramenstruasi. "Ini harus diminum sebelum tidur, karena dikaitkan dengan pusing, kantuk, dan kelambatan mental," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement