Sabtu 24 Sep 2022 01:00 WIB

Kabar Baik, Insulin Suntik Terbaru Berpotensi Gantikan Obat Harian Diabetes

Suntikan insulin sekali sepekan berpotensi gantikan obat-obatan harian diabetesi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Pengidap diabetes menyiapkan suntikan insulin (Ilustrasi). Insulin suntik terbaru berpotensi menggantikan obat harian maupun memangkas jumlah suntikan insulin per tahun.
Foto:

Mengenai suntikan insulin terbaru, obat tersebut saat ini sedang melalui beberapa uji klinis terakhirnya. Setelah obat lulus semua uji klinis, produsen dapat mengajukan obat untuk disetujui oleh Badan Pengatur Produk Obat dan Kesehatan (MHRA) untuk digunakan di Inggris.

Suntikan yang dikenal sebagai insulin icodec digadang oleh produsen sebagai insulin ideal untuk pengidap diabetes tipe 2. Selama uji coba, suntikan tersebut telah terbukti efektif dalam mengurangi kadar gula darah hingga satu pekan.

photo
Sering kencing merupakan salah satu gejala diabetes. - (Republika)

Uji coba melibatkan lebih dari 4.000 orang dewasa dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2. Para peneliti tidak membahas bagaimana obat itu bekerja untuk pengidap diabetes tipe 1, yang selalu diharuskan untuk mengambil suntikan.

Hasil uji coba dipresentasikan pada Pertemuan Tahunan Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes (EASD) 2022. Sementara itu, bulan lalu, para peneliti dari University of British Columbia (UBC) mengatakan mereka telah menemukan pil insulin terobosan yang bisa menghilangkan suntikan sama sekali.

Pilnya akan berbeda dengan pil konvensional, dan tidak akan ditelan, melainkan larut saat diletakkan di mulut. Ini untuk memastikan tubuh menyerap insulin sebanyak mungkin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement